Hits: 17

Pijar, Medan. Siapa yang tidak ingin menjadi mahasiswa berprestasi di kampusnya? Mungkin hal ini merupakan impian banyak mahasiswa. Bukanlah hal yang mudah untuk meraihnya, tentunya di dalam diri harus terdapat kemampuan seperti menjadi pribadi yang berkarakter, memiliki jaringan yang luas, kemampuan berorganisasi, dan bermanfaat. Itulah karakter yang dimiliki oleh Revana Ravitasari, Mahasiswi Teknik Kimia USU 2009 yang saat ini telah menjadi  Mahasiswa Berprestasi USU 2013.

Revana merupakan mahasiswa yang aktif baik di dalam organisasi maupun dalam acara-acara seminar. Gadis manis berjilbab ini telah memiliki segudang prestasi yang luar biasa.

Revana menunjukkan prestasinya sedari muda. Pada tahun 2006 ia memperoleh Juara 2 English Speech Contest tingkat Kota dan Kabupaten. Di tahun-tahun berikutnya, prestasi-prestasi yang tak kalah membanggakan dapat ia raih, seperti pada tahun 2007 memperoleh Juara 3 Karya Tulis Remaja pada Panitia Pelaksana Gema Muharram tingkat Provinsi, dan Juara 3 Lomba Bahasa Arab. Kemudian pada tahun 2008 Juara 2 Lomba Pidato KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) tingkat Provinsi dan Juara 2 Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) tingkat Kabupaten. Disusul pada tahun 2009 ia mendapat Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris tingkat Kota dan Juara 1 Gadih Minang 2009 IMIB USU.

Revana merupakan mahasiswa yang aktif baik di dalam organisasi maupun dalam acara-acara seminar. Foto : Ama Marini

Prestasi yang membanggakan sempat ia raih pada tahun 2012, Revana menjadi Pemenang Dana Hibah Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada Lomba Technopreneurship Pemuda 2012 tingkat Nasional. Ia memperoleh dana sebesar Rp 50 Juta untuk melanjutkan usahanya itu. Hal ini telah mendukung cita-citanya untuk menjadi Bussinessman.  Prestasi yang tiada henti, pada tahun yang sama ia memperoleh Juara 1 pada Mahasiswa Intelek dan Teknolog Indonesia (MITI) Award tingkat Sumbagut, dan menjadi Peserta Terbaik Daurah danHafiz Quran oleh KSQ Medan tingkat Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Disusul pula pada tahun ini ia telah mengikuti American-Indonesian Frontiers of Science oleh USAID se-Indonesia-Amerika.

“Mentarbiyah, Ditarbiyah, dan Kerja Nyata Sepanjang Usia karena Illahi.” Itulah motto hidupnya. Bekerja karena Allah dalam berbagai bidang yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Prestasi yang luar biasa itu telah memenuhi lembaran kertas untuk ditulisnya. Namun tidak hanya sampai disitu, ia masih ingin mengikuti lomba-lomba dalam berbagai hal. Memiliki banyak pestasi adalah hal yang membanggakan. Inilah yang ia berikan kepada kedua orang tuanya.Awalnya dengan mengikuti Organisasi. Ia adalah seorang wanita yang sangat antusias dan aktif. Keaktifan Revana dalam berbagai hal ini telah menghasilkan buah prestasi.

Adapun organisasi yang telah diikutinya seperti Klub Kegiatan Kreativitas Mahasiswa (K3M)English, CSG (Covalen Study Group), KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), IMAPALIKO (Ikatan Mahasiswa Payakumbuh – Lima Puluh Kota), K3MI Al- Hadiid FT USU, PemerintahanMahasiswa (PEMA) FT USU, K3M Koperasi FT USU, KSQ (KomunitasSahabat Quran), HIMATEK (HimpunanMahasiswaTeknik Kimia) USU, IMIB (IkatanMahasiswa Imam Bonjol) USU, Klub Kegiatan Kreativitas Mahasiswa (K3M)Peneliti Muda, HMI (HimpunanMahasiswa Islam), Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) Rabbani, dll.

Organisasi-organisasi tersebut telah menunjang Revana untuk beranjak maju. Walaupun kadang ia kesulitan dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Namun hal itu akhirnya dapat terlaksana. Kuliah dan organisasi adalah dua hal yang penting.

“Ternyata masih banyak Mahasiswa di USU yang fokus pendidikan untuk kuliah, mengejar IPK. Tidak mau mengambil pusing untuk mengikuti seminar ataupun lomba-lomba yang membuat kita berhubungan dengan dunia luar kampus. Waktu luang kita kan banyak, sayang kalau untuk di buang. Padahal banyak hal luar biasa yang tidak bisa di raih ketika sudah lulus. Manfaatkanlah waktu yang empat tahun itu untuk mengukir prestasi sebanyak-banyaknya dan buatlah curriculum vitaesepanjang-panjangnya,” tutupnya dengan kata motivasi. [AM]

1 Comment

  • A. Haryani
    Posted 18 April 2017 20:35 0Likes

    min coba di google lagi deh MITI itu kepanjangannya Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia 🙂 http://miti.or.id/

Leave a comment