Jalan-Jalan

Olah Lagi Nasi Sisamu

Nasi-nasi sisa yang tidak dimakan dikumpulkan di satu wadah, dan dibilas di bawah air terlebih dahulu agar besrsih dari berbagai bumbu masakan lainnya seperti sambal, campuran sayur, dan lainnya.

Read More »

Ragam Sambal Nusantara Yang Menggugah Selera

Sambal memang berbahan utamakan cabai yang dapat memberikan sensasi dan cita rasa pedas. Tetapi, terdapat fakta unik yang harus kalian ketahui. Sambal pertama di Indonesia bukanlah dibuat dari cabai, melainkan dari jahe. Hal ini dapat terjadi karena jahe dan cabai sama-sama memiliki kesamaan dalam segi rasa, yaitu rasa pedas. Seiring berkembangnya budaya kuliner di Indonesia, maka sambal kini berevolusi menjadi sajian yang berbahan utamakan cabai.

Read More »

Jalangkote, Jajanan Khas Makassar Yang Istimewa

Sobat Pijar masih ingat tidak dengan kasus yang merundung seorang anak bernama Rizal yang menjual jalangkote di Sulawesi? Hal ini menarik perhatian serta simpati banyak orang. Selain bersimpati terhadap hal yang menimpanya, banyak orang penasaran dengan gorengan yang dijual oleh Rizal. Lantas, seperti apa panganan jalangkote itu? Jalangkote merupakan kuliner khas Makassar yang bisa disebut sebagai jajanan “legend”. Namanya sendiri berasal dari kata “jalang” yang berarti jalan dan “kote” yang berarti berkotek-kotek atau berteriak. Dinamakan jalangkote karena sejarahnya jajanan ini dijual oleh anak-anak yang berkeliling sembari berteriak. Dilansir dari berbagai sumber, jajanan ini sudah ditetapkan sebagai top 10 kuliner khas kota Makassar oleh pemerintah setempat.

Read More »