Musik

California, Mimpi Tiga Pemuda Asal Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat

Kita sebagai warga Indonesia, dapat kembali berbangga melihat adanya pemuda asal Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini kabar gembira itu berasal dari industri musik, tiga pemuda asal Indonesia yaitu Rapper Rich Brian, NIKI, dan pendatang baru Warren Hue mengeluarkan lagu hasil kolaborasi mereka berjudul California.

Rapper Rich Brian, memiliki nama asli Brian Imanuel Soewarno, kini berusia 21 tahun. Jika menilik dari Wikipedia, ia adalah seorang penyanyi rap, produser rekaman, dan penulis lagu. Pada tahun 2017 berhasil memenangkan penghargaan Indonesia Choice Award. Kemudian, NIKI dengan nama kelahiran Nicole Zefanya, kini berusia 22 tahun. Ia adalah seorang musisi, penulis lagu, dan produser rekaman. Terakhir ada pendatang baru bernama Waren Hue, dengan nama panggung Warrenisyellow, kini berusia 18 tahun. Ia merupakan musisi keempat dari Indonesia yang bergabung dengan label musik asal Amerika Serikat, 88rising.

Read more

Sepenggal Kisah dari Lagu “Careless Whisper”

Siapa yang tidak mengenali lagu lawas karya George Michael? Meskipun sudah tergerus oleh zaman, nyatanya lagu “Careless Whisper” ini masih tetap eksis didengarkan oleh banyak orang. Lagu yang dirilis tahun 1984 ini, merupakan single pertama dari George Michael yang terinspirasi dari pengalaman romantis George di masa muda. George menulis lagu ini bersama dengan bandmate-nya Andrew Ridgeley, saat usia mereka masih tujuh belas tahun. Lagu ini terinspirasi dari dua perempuan berbeda bernama Jane dan Helen.

Read more

Berjuang dalam Lagu Usik

Namun, jika dilihat dari official video musiknya, lagu ini Feby dedikasikan kepada teman-teman yang sedang berjuang dalam pergerakan tentang Budaya Tuli, Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), dan kesetaraan hak yang sama dengan masyarakat dengar. Pada intinya, lagu “Usik” menggambarkan tentang perjuangan. Pastinya berjuang dalam berbagai hal yang positif.

Read more

Love Poem, Untukmu yang Lupa Caranya Menangis Keras

IU membawakan lagu “Love Poem” dengan instrumen minimalis. Namun tak sesederhana itu maknanya bagi pendengarnya. Jika didengarkan dengan saksama sembari meresapi liriknya, lagu ini sarat pesan motivasi. Lagu yang mengungkapkan perasaan seorang teman yang ingin membantu kawannya yang bersedih namun terhalang banyak hal. Melalui “Love Poem” yang ditulisnya sendiri, IU menyampaikan bahwa tidak mudah baginya menyaksikan seseorang yang sedang kesulitan, dan lebih tidak mudah lagi membantu mereka bangkit.

Read more

Lirik Kontroversial di Balik Lagu Baby It’s Cold Outside

Pasti penasaran kenapa lagu “Baby, It’s Cold Outside” sempat mengalami kontroversi? Penyebabnya karena lirik pada lagu ini menyiratkan makna yang tidak pantas. Lagu yang termasuk ke dalam album Natal ini sempat dilarang pemutarannya di beberapa stasiun radio. Sejak tahun 2009, lagu ini banyak mendapat kritik dari pendengar karena dirasa mengimplikasikan makna pelecehan seksual di dalamnya.

Read more

Bangkit Menentang Diskriminasi melalui This Is Me

Lirik lagu dari Keala Settle sangat bermakna dan diiringi irama yang mampu menyentuh emosi para pendengar. Makna lagu ini hampir sama dengan pesan yang ditunjukkan oleh film The Greatest Showman, yakni pejuang-pejuang pemilik bentuk fisik yang sedikit berbeda dengan manusia lainnya. Tidak salah jika lagu ini berhasil menjadi pemenang dalam penghargaan Best Original Song pada Golden Globe Awards 2018.

Read more

Ber-’Diskoria’ Bersama C.H.R.I.S.Y.E

Lagu ini sendiri tercipta dari sebuah challenge oleh tim segmen Studio Pop milik akun YouTube Suara Disko, sebuah wadah bagi para aktivis musik untuk berkolaborasi karya, kepada Diskoria untuk menciptakan karya dalam kurun waktu 24 jam. Diskoria yang memang sudah lama berangan untuk mengolah sebuah lagu Indonesia yang benar kental dengan nuansa disko, turut mengajak kembali trio produser Laleimanino, setelah sebelumnya sukses melahirkan Balada Insan Muda dan Serenata Jiwa Lara bersama.

Read more