Film

Panggilan Misterius Dari Masa Lalu dalam The Call

Kira-kira bagaimana jika kita menerima panggilan telepon dari orang tidak dikenal tapi ia sangat berpengaruh pada kehidupan kita di masa depan? Hal inilah yang tergambar dalam film berjudul The Call (2020) karya sutradara Lee Chung Hyun. The Call adalah hasil adaptasi dari film The Caller yang dirilis pada tahun 2011. Film dengan genre thriller ini dirilis di media streaming Netflix pada 27 November 2020.

Read More »

Siasat Membunuh Tanpa Menyentuh dalam Film The Witches

Siasat membunuh tanpa menyentuh, sepenggal kalimat yang dapat tergambar dalam film The Witches. Film bergenre komedi dan fantasi ini diangkat dari sebuah kisah novel klasik dengan judul sama. Film ini merupakan hasil besutan dari sutradara Robert Zemeckis yang kolaborasi dengan Guillermo del Toro dan Kenya Barris. Rilis pada tanggal 22 Oktober lalu, The Witches dibintangi oleh para aktor ternama seperti Anne Hathaway, Octavia Spencer, Stanley Tucci dan aktor muda Jahzir Kadeem.

Read More »

Kembalinya Musikal Klasik dan Penggapaian Mimpi ala La La Land

“La La Land” adalah sebuah istilah sehari-hari yang mulai digunakan pada tahun 1960. Kata ini memiliki artian suatu kondisi yang tidak berhubungan dengan kenyataan, yang biasa terjadi karena kebahagiaan atau ketidaktahuan. Selain itu, sebutan “La La Land” juga merujuk pada Kota Los Angeles di California, AS, sekaligus menggambarkan gaya hidup dan perilaku masyarakatnya.

Read More »

What Happened to Monday: Jerat Identitas di tengah Hukum Dunia

Kelebihan penduduk membuat dunia kala itu harus membuat sebuah hukum untuk mengkontrol angka pertumbuhan penduduk dengan julukan ‘Child Allocation Act’ . Hal itu mengharuskan satu keluarga hanya boleh memiliki satu anak. Bagi keluarga yang memiliki lebih dari satu anak, maka anak tersebut akan disita oleh pemerintah dan dikarantina untuk dimasukkan ke dalam cyrosleep (semacam kapsul tidur). Cara ini dilakukan  karena  kekhawatiran  akan sumber daya alam yang ada di muka bumi tidak akan cukup untuk menghidupi seluruh manusia.

Read More »

Kriminal Obsesi Berkedok Sekolah Asrama di Film Level 16

Berbicara tentang kata “asrama”, mungkin kebanyakan orang akan memikirkan suatu tempat tinggal atau penginapan yang ditujukan kepada murid sekolah atau suatu kelompok yang sedang menempuh dunia pendidikan. Tetapi asrama yang dibayangkan tersebut nyatanya sangat jauh berbeda dengan asrama yang ada di dalam film Level 16 ini.

Read More »

Story of Kale Kisahkan Problematika Percintaan Masa Kini

Bagi para pecinta film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), siapa sih yang tidak mengenal sosok Kale? Seorang pria yang sempat menjadi buah bibir para kaum hawa karena sikapnya yang memberi harapan palsu alias PHP kepada Awan. Kali ini, kita akan mengenal lebih dekat dengan Kale melalui film Story of Kale yang diperankan penyanyi Ardhito Pramono tersebut. Film Story of Kale merupakan spin-off dari film NKCTHI yang menceritakan masa lalu Kale sebelum mengenal Awan (Rachel Amanda). Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini sudah tayang pada 23 Oktober lalu di bioskop online dan harga tiketnya pun terbilang murah, yaitu Rp10.000. Selain itu, film ini juga mengusung tema Toxic Relationship yang tidak jauh dari kehidupan percintaan masa kini.

Read More »

Penghakiman Massal Kucumbu Tubuh Indahku

“Penghakiman massal lewat media sosial berkali terjadi pada karya seni dan pikiran atas keadilan. Gejala ini menunjukkan media sosial telah menjadi medium penghakiman massal tanpa proses keadilan, melahirkan anarkisme massal,” demikian pernyataan Sutradara Garin Nugroho atas petisi penolakan film Kucumbu Tubuh Indahku. Film yang terinspirasi dari seorang penari Lengger bernama Rianto ini, bercerita tentang perjalanan hidup seorang Juno dalam pencarian jati dirinya. Lengger sendiri adalah tarian di mana penarinya adalah laki-laki yang mengenakan riasan dan berlenggok seperti perempuan.

Read More »