Hiburan

Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku

 Kata baku dalam bahasa sehari-hari tampaknya jarang ditemui dan terdengar aneh. Belum lagi, berbahasa Indonesia di era sekarang ini sering dicampurkan dengan bahasa asing. Sebut saja kata yang sering kita dengar, kata offline dan online. Dua kata ini sering muncul di era pandemi, padahal kata tersebut bisa digantikan dengan daring (dalam jaringan) atau luring (luar jaringan).

Ivan Lanin, seseorang yang dijuluki sebagai ‘kamus berjalan’ melahirkan anak barunya  yang berjudul “Recehan Bahasa”. Buku keduanya ini membahas mengenai kata-kata atau bahasa Indonesia yang sering ia bagikan di media sosial kemudian dikumpulkan menjadi satu dalam sebuah buku. 

Read more

Istirahat, Kamu Perlu Menikmati Hidup

Manusia memang terlahir dengan sifat yang tidak pernah puas. Ketika satu hal tercapai, kemudian ia berusaha menggapai hal-hal lainnya. Tetapi, apa yang sebenarnya kita cari? Apakah kepuasan, jati diri, atau sebenarnya kita hanya tenggelam di tengah sibuknya dunia dan berusaha mengikuti arus?

Setidaknya, itu yang Haenim Sunim coba kupas dalam bukunya The Things You Can See Only When You Slow Down yang terbit pada tahun 2012 di Korea. Melihat antusias masyarakat yang luar biasa, buku ini kemudian diterjemahkan ke dalam 5 bahasa seperti Cina, Jepang, Thailand, Perancis, dan Inggris.

Read more