Hiburan

June dan Kopi, Tema yang Akhirnya Diangkat Perfilman Indonesia

Secercah harapan baru muncul di dunia perfilman Indonesia. Tanah air kembali dengan film bertemakan hewan dan manusia setelah sekian lamanya. Mungkin sudah menjadi hal biasa untuk menemukan film sejenis ini dari luar negeri, contohnya saja Air Bud dan Hachiko. Namun tidak dengan Indonesia melalui film terbarunya, June dan Kopi.

Read More »

Perjalanan Hati dari Rumah ke Rumah

Ketika sebuah karya musik menjadi medium pelampiasan rasa di hati, wujudnya pun berubah menjadi sebuah pesan istimewa. Balutan peristiwa nyata tanpa sekat atas refleksi kehidupan dengan improvisasi melodi-melodi yang tak biasa, Hindia menuangkan isi kepalanya melalui senandung lagu bertajuk “Rumah ke Rumah”

Read More »

Mengenal Penyakit Mental Melalui Novel Turtles All The Way Down

Ketika hari demi hari seperti teka-teki yang tak kunjung berakhir, bahagia hanya dimaknai sebagai kesenangan semata, sedih dimaknai sebagai kesalahan yang fatal, dan harapan dapat hilang dengan mudahnya lalu berganti menjadi kebimbangan. Ketika teka-teki tetap belum berakhir, hanya rasa khawatir yang memenuhi pikiran, dan kekhawatiran berubah menjadi penyakit yang menyelimuti diri sendiri. Begitulah permasalahan ini digambarkan dalam tokoh Aza Holmes oleh John Green dalam novel Turtles All the Way Down.

Read More »

I Care a Lot, Penipu Ulung Perampok Para Lansia

Cerdas, mandiri, elegan, dan peduli pada para lansia adalah ha-hal yang melekat dalam diri Marla Grayson. Itulah hal pertama yang terlihat dalam trailer film yang tayang dalam platform Netflix berjudul I Care a Lot. Tapi tunggu dulu, sebenarnya itu hanyalah penampilan luarnya saja. Apa yang di dalam layaknya serigala berbulu domba. Tokoh utama dalam film ini merupakan seorang penipu ulung yang mengatasnamakan “kepedulian”.

Read More »

Tulisan Awet yang Tak Mudah Dimakan Waktu dalam Buku Seandainya Saya Wartawan Tempo

Bagaimana cara menulis suatu tulisan berita atau feature yang menarik dan tidak membosankan bagi pembaca? Apalagi di zaman yang modern ini rasanya membaca suatu berita adalah hal yang kurang digemari. Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat ditemukan di buku berjudul Seandainya Saya Wartawan Tempo karya Goenawan Mohamad yang dengan apik memaparkan garis besar sebuah berita keras (hard news) yang sangatlah berbeda dengan menulis feature.

Read More »