Hiburan

Katanya Mau Mati, Kenapa Malah Memikirkan Jajanan Kaki Lima?

Mendengar suara-suara halusinasi, melihat hal-hal khayalan, dan melukai diri sendiri bukanlah sebuah penyakit. Seperti sebuah flu ringan yang membuat tubuh kita sakit, rasa depresi yang ringan pun membuat mental kita sakit.

Begitulah yang dialami oleh sang penulis, Baek Se Hee wanita yang lahir di Seoul tahun 1990. Buku ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh dirinya sendiri. Baek Se Hee yang mengalami persistent depressive disorder atau distimia selama kurang lebih 10 tahun.

Setelah menamatkan jenjang perguruan tingginya di salah satu Universitas dengan jurusan Sastra, Ia bekerja di salah satu penerbit selama lima tahun. Sembari bekerja,  Baek Se Hee mencoba mengunjungi berbagai psikolog dan psikiater. Singkat cerita, Baek Se Hee akhirnya menemukan rumah sakit yang cocok pada tahun 2017 dan saat ini sedang menjalani perawatan, baik dengan  konsultasi maupun bantuan obat.

Read more

Kata Mereka, Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Sebuah amplop kecil berwarna oranye terang akan didapati begitu membuka cover buku yang didominasi dengan warna biru dan putih ini. Tertera sebuah tujuan nama, ‘Untuk: Awan (2047)’, di depannya. Isi nya adalah pesan yang tercatat pada tanggal 31 Desember 2018.

“Awan, katanya ‘kamu terlalu banyak bercanda’. Mereka benar… Tapi bisa lewati masa sulit dengan jenaka. Rasanya, kamu bukan orang biasa.” tulis Awan saat itu untuk dirinya di masa depan.

Sosoknya yang ‘gampangan’ menghadapi situasi getir, dan jarang memperlihatkan kesedihan membuat mereka-mereka yang melihat Awan, mengecapnya ‘terlalu banyak bercanda’. Padahal Awan juga punya masalah. Nafasnya sering diam-diam menderu menahan amarah. Jelas ada saat di mana ia muak dan ingin mengamuk saja pada semesta. Ia pula, punya ingin yang harus diredam agar tidak ada angan raga lain yang berduka.  Seperti manusia selayaknya.

Read more

California, Mimpi Tiga Pemuda Asal Indonesia yang Sukses di Amerika Serikat

Kita sebagai warga Indonesia, dapat kembali berbangga melihat adanya pemuda asal Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini kabar gembira itu berasal dari industri musik, tiga pemuda asal Indonesia yaitu Rapper Rich Brian, NIKI, dan pendatang baru Warren Hue mengeluarkan lagu hasil kolaborasi mereka berjudul California.

Rapper Rich Brian, memiliki nama asli Brian Imanuel Soewarno, kini berusia 21 tahun. Jika menilik dari Wikipedia, ia adalah seorang penyanyi rap, produser rekaman, dan penulis lagu. Pada tahun 2017 berhasil memenangkan penghargaan Indonesia Choice Award. Kemudian, NIKI dengan nama kelahiran Nicole Zefanya, kini berusia 22 tahun. Ia adalah seorang musisi, penulis lagu, dan produser rekaman. Terakhir ada pendatang baru bernama Waren Hue, dengan nama panggung Warrenisyellow, kini berusia 18 tahun. Ia merupakan musisi keempat dari Indonesia yang bergabung dengan label musik asal Amerika Serikat, 88rising.

Read more

Novel Katarsis, Sebuah Pengungkapan Emosi dan Pemulihan Diri dari Trauma

Katarsis merupakan novel pertama karangan Anastasia Aemilia bergenre psychology thriller yang terbit pada 2013 oleh Gramedia Pustaka Utama. Kemudian cetakan keduanya pada tahun 2019 dengan pembaharuan desain dan ilustrasi sampul baru, yaitu nuansa warna merah sangat mewakili isi cerita yang tampak lebih menarik. Novel setebal 261 halaman ini memiliki versi atau terjemahannya dalam bahasa inggris yang berjudul ‘Catharsis’.

Read more

Kumpulan Cerita Jadul dalam Buku Corat-coret di Toilet

Corat-coret di Toilet merupakan sebuah buku kumpulan cerpen hasil karya Eka Kurniawan. Menyuguhkan hasil karya sastra pada tahun 1999 hingga 2000 yang diawali pada cerita Peter Pan hingga cerita yang berjudul Kandang Babi dengan jumlah 12 hasil karya sastra. Buku rilisan tahun 2014 ini, memiliki kumpulan cerita yang kemudian banyak membukakan mata para pembaca akan cerita yang disuguhkan.

Diawali dengan cerita Peter Pan yang menceritakan sebuah proses panjang seorang penyair hebat dalam memperjuangkan segalanya untuk perang gerilya. Melalui segala tindakan subversif ia rela melakukan apapun demi terlaksanakannya perang ini. Bersama dengan Tuan Puteri dan banyak pendukungnya, hingga pada akhirnya memberikan bekas luka yang tidak dapat terlupakan. Ditutup dengan tahun di setiap akhir cerpen, yaitu tahun 2000 untuk karya Peter Pan dan untuk hasil karya lain beserta tahunnya.

Read more

Sepenggal Kisah dari Lagu “Careless Whisper”

Siapa yang tidak mengenali lagu lawas karya George Michael? Meskipun sudah tergerus oleh zaman, nyatanya lagu “Careless Whisper” ini masih tetap eksis didengarkan oleh banyak orang. Lagu yang dirilis tahun 1984 ini, merupakan single pertama dari George Michael yang terinspirasi dari pengalaman romantis George di masa muda. George menulis lagu ini bersama dengan bandmate-nya Andrew Ridgeley, saat usia mereka masih tujuh belas tahun. Lagu ini terinspirasi dari dua perempuan berbeda bernama Jane dan Helen.

Read more