Kuliner

Mengenal Roti Maryam sebagai Alternatif Pengganti Nasi

Bagi beberapa orang mereka lebih menyukai mengonsumsi roti maryam sebagai makanan utama sehari hari dibandingkan menyantap nasi. Kandungan karbohidrat dalam roti maryam yang lebih tinggi dibandingkan nasi, tentunya bisa mencukupi kebutuhan energi tubuh kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mengonsumsi nasi juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah kita sehingga membuat diri kita lebih mudah mengantuk dan malas untuk melanjutkan aktivitas setelahnya. Sedangkan roti maryam, setelahnya tidak membuat diri kita langsung merasa lemas ataupun mengantuk karena kandungan yang berbeda dalam bahan bakunya.

Read more

Mengenal Budaya Membawa Bekal dari Jepang

Terdapat kebiasaan membawa bekal yang telah membudaya di Jepang yang disebut bento. Kata bento sering dikatakan berasal dari seorang komandan militer abad keenam belas bernama Oda Nobunaga (1534-82), yang memberi makan sejumlah besar orang di istananya dengan membagikan makanan kepada setiap orang. Bagaimanakah tradisi dan sejarah bento itu sendiri?

Read more

Sedapnya Rasa Katupek Gulai

Selain terkenal akan rendangnya, Sumatra Barat juga terkenal akan lontongnya. Lontong sayur atau yang lebih akrab disebut katupek gulai di daerah asalnya adalah makanan daerah khas dari Sumatra Barat. Ciri khas dari lontong sayur ini adalah penggunaan kerupuk merah, sambal merah pedas yang identik dengan orang Minang, dan siraman kuah gulai yang berasal dari bahan nangka muda dan pakis. Selain itu, ada pula gulai tauco.

Read more