Sosok

Komunal Primitif Percussion, Menginspirasi Lewat Karya

Komunal Primitif Percussion merupakan komunitas berbasis seni musik dalam konteks kebudayaan dengan memainkan musik perkusi. Kehadiran komunitas ini membungkam pemikiran-pemikiran yang menggangap alat musik tradisional perkusi merupakan sesuatu yang kolot. Padahal pesona lantunan alat musik pukul yang dimainkan secara bersamaan dengan berbagai pola ritme ini, dapat menghasilkan alunan musik yang semangat dan kompak.

Read more

Shella Tan, Freelancer Desain Grafis yang Berprestasi di Kancah Internasional

Perkembangan desain grafis/komunikasi visual terikat kuat hubungannya dengan kemajuan teknologi di era digital seperti yang kita rasakan saat ini mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Proses penyampaian komunikasi dalam dunia desain grafis pada umumnya ialah dengan bentuk tambahan visual baik itu garis atau bentuk serta warna yang dapat menghasilkan efek lebih besar bagi para penikmatnya dibandingkan dengan hanya teks tulisan saja. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi seorang desainer grafis untuk dapat menyampaikan pesan dengan cara yang berbeda namun tetap dapat dipahami oleh penerima pesan.

Read more

Dava Wardsyahdana, Pemuda Peduli Tani melalui Kita Pertanian

Sekitar 30 persen lahan di Indonesia digunakan untuk pertanian. Karena pertanian memang jadi salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia. Sumber daya alam memenuhi, namun sumber daya manusia masih diharapkan untuk mumpuni. Belum selaras, belum seimbang, dan masih belum sejalan. Kekhawatiran-kekhawatiran itu pun meluncurkan ide bagi seorang M. Dava Warsyahdana untuk mendirikan suatu start-up bernama Kita Pertanian.

Mulanya ketika pandemi covid-19 melanda, seluruh sektor yang dilakukan dengan offline harus dilakukan secara online. Sebagian besar keadaan menjadi terpuruk. Menghambat aktivitas orang-orang untuk tetap produktif. Tetapi Dava memandang hal ini secara berbeda. Ia tetap produktif dengan semakin melebarkan sayap kebermanfaatannya meskipun sedang berada di masa pandemi.

Read more