Berita

Peran Mahasiswa dalam Hari Lingkungan Sedunia

Keserakahan manusia yang kian hari meningkat, membuat Indonesia kehilangan banyak lahan yang seharusnya dapat menjadi penyeimbang ekosistem di bumi. Namun di sisi lain, terdapat pandangan yang mengatakan bahwa penebangan hutan secara liar merupakan faktor dari ekonomi warga sekitar yang kurang mampu. “Mereka menebang pohon secara liar untuk dijual dan hasil dari penjualannya dipakai untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka,” tambah Dava.

Read more

Ketua DPR RI: Perguruan Tinggi Jangan Menjadi Pabrik Gelar Akademis

Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Indonesia kembali mengadakan webinar. Di mana webinar seri pertama membahas tentang “Ekonomi” dan seri kedua tentang “Kesehatan” yang sebelumnya telah dilaksanakan. Webinar seri ketiga kali ini mengangkat tema “Pendidikan Indonesia untuk Masa Depan Bangsa dan Kemanusiaan.” Webinar yang diadakan pada platform Zoom dan live youtube ini diadakan pada rabu (02/06) pukul 09:00–15:00. Terdapat dua sesi, sesi pertama membahas mengenai pendidikan secara umum yang berfokus pada karakter. Sedangkan sesi kedua membahas mengenai pendidikan tinggi.

Read more

Menanggapi Kondisi Anak-anak di Seluruh Dunia melalui Hari Anak Internasional

Anak-anak pada umumnya harus memiliki kehidupan yang layak, dapat belajar dan bermain. Sebab di usia merekalah masa-masa seperti itu harus tercipta. Tetapi nyatanya, banyak anak-anak di berbagai belahan dunia yang di rampas kehidupannya. Hak anak-anak yang dirampas, pertama yaitu hak untuk hidup. Banyak anak-anak menjadi korban dari konflik kelompok antar suku, agama, dan bangsa. Selain itu, anak-anak yang hidup di daerah konflik sering direkrut menjadi pasukan oleh kelompok bersenjata, diculik atau dijadikan korban kekerasan seksual.

Read more

Membentuk Self Concept dari Perasaan Insecure

Di era modern ini, standar kecantikan lebih beragam. Akan tetapi, media dan arus globalisasi memberikan celah untuk masuknya berbagai pemahaman cantik menjadi cantik seperti ala Korea atau cantik ala Eropa. Padahal, definisi kecantikan yang sebenarnya dapat diartikan sebagai sesuatu yang kita sukai, sesuatu yang menarik, atau menginspirasi sehingga mampu membuat kita senang.

Read more

Di Balik Film Pendek Laut Bercerita

“Saya sebenarnya pada awalnya berfokus pada bidang feminisme dan keluarga ketika di Tempo pada waktu itu. Namun, karena saya terlibat dalam berbagai edisi khusus Tempo yang membahas tentang HAM, seperti Whiji Thukul dan lain-lain, saya akhirnya tak bisa lepas juga dari HAM,” ujar Leila S. Chudori saat menceritakan latar belakangnya menuliskan Laut Bercerita melalui diskusi “Reformasi.”

Read more

Tips dan Trik Beasiswa di Era Milenial

Yulia sebagai pemateri pertama memaparkan tips dan trik mendapatkan beasiswa bagi kaum milenial berdasarkan fenomena-fenomena yang saat ini terjadi. Menurutnya, membangun niat dari dalam diri sendiri ialah hal terpenting. Niat tersebut juga harus diikuti dengan tetap menjaga nilai-nilai akademik dan membuat perencanaan yang matang. Menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan juga merupakan poin penting menurut Yulia, dikarenakan masih banyak pelajar yang kurang menganggap penting hal ini.

Read more