Buku

Istirahat, Kamu Perlu Menikmati Hidup

Manusia memang terlahir dengan sifat yang tidak pernah puas. Ketika satu hal tercapai, kemudian ia berusaha menggapai hal-hal lainnya. Tetapi, apa yang sebenarnya kita cari? Apakah kepuasan, jati diri, atau sebenarnya kita hanya tenggelam di tengah sibuknya dunia dan berusaha mengikuti arus?

Setidaknya, itu yang Haenim Sunim coba kupas dalam bukunya The Things You Can See Only When You Slow Down yang terbit pada tahun 2012 di Korea. Melihat antusias masyarakat yang luar biasa, buku ini kemudian diterjemahkan ke dalam 5 bahasa seperti Cina, Jepang, Thailand, Perancis, dan Inggris.

Read more

Belajar dari Sosok Tak Kasatmata

Dari sekian banyak sosok tak kasatmata yang pernah Sara temui dalam hidupnya, ia hanya memilih sosok hantu yang menurutnya paling berkesan. Tidak hanya berkesan tetapi ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari sosok tersebut. 7 sosok hantu yang akhirnya ia pilih dan putuskan untuk menuangkannya dalam sebuah tulisan.

Wingit merupakan sebuah novel karya Sara Wijanto yang akrab disapa dengan sebutan “Nyai”. Novel yang dibaluti cover warna hitam pekat terkesan selaras dengan judulnya. Wingit berasal dari bahasa jawa yang artinya angker. Novel ini diangkat dari kisah nyata pengalaman hidup Sara yang dikenal memiliki hubungan dengan kehidupan mistis.

Read more

Katanya Mau Mati, Kenapa Malah Memikirkan Jajanan Kaki Lima?

Mendengar suara-suara halusinasi, melihat hal-hal khayalan, dan melukai diri sendiri bukanlah sebuah penyakit. Seperti sebuah flu ringan yang membuat tubuh kita sakit, rasa depresi yang ringan pun membuat mental kita sakit.

Begitulah yang dialami oleh sang penulis, Baek Se Hee wanita yang lahir di Seoul tahun 1990. Buku ini diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh dirinya sendiri. Baek Se Hee yang mengalami persistent depressive disorder atau distimia selama kurang lebih 10 tahun.

Setelah menamatkan jenjang perguruan tingginya di salah satu Universitas dengan jurusan Sastra, Ia bekerja di salah satu penerbit selama lima tahun. Sembari bekerja,  Baek Se Hee mencoba mengunjungi berbagai psikolog dan psikiater. Singkat cerita, Baek Se Hee akhirnya menemukan rumah sakit yang cocok pada tahun 2017 dan saat ini sedang menjalani perawatan, baik dengan  konsultasi maupun bantuan obat.

Read more

Kata Mereka, Kamu Terlalu Banyak Bercanda

Sebuah amplop kecil berwarna oranye terang akan didapati begitu membuka cover buku yang didominasi dengan warna biru dan putih ini. Tertera sebuah tujuan nama, ‘Untuk: Awan (2047)’, di depannya. Isi nya adalah pesan yang tercatat pada tanggal 31 Desember 2018.

“Awan, katanya ‘kamu terlalu banyak bercanda’. Mereka benar… Tapi bisa lewati masa sulit dengan jenaka. Rasanya, kamu bukan orang biasa.” tulis Awan saat itu untuk dirinya di masa depan.

Sosoknya yang ‘gampangan’ menghadapi situasi getir, dan jarang memperlihatkan kesedihan membuat mereka-mereka yang melihat Awan, mengecapnya ‘terlalu banyak bercanda’. Padahal Awan juga punya masalah. Nafasnya sering diam-diam menderu menahan amarah. Jelas ada saat di mana ia muak dan ingin mengamuk saja pada semesta. Ia pula, punya ingin yang harus diredam agar tidak ada angan raga lain yang berduka.  Seperti manusia selayaknya.

Read more

Novel Katarsis, Sebuah Pengungkapan Emosi dan Pemulihan Diri dari Trauma

Katarsis merupakan novel pertama karangan Anastasia Aemilia bergenre psychology thriller yang terbit pada 2013 oleh Gramedia Pustaka Utama. Kemudian cetakan keduanya pada tahun 2019 dengan pembaharuan desain dan ilustrasi sampul baru, yaitu nuansa warna merah sangat mewakili isi cerita yang tampak lebih menarik. Novel setebal 261 halaman ini memiliki versi atau terjemahannya dalam bahasa inggris yang berjudul ‘Catharsis’.

Read more

Kumpulan Cerita Jadul dalam Buku Corat-coret di Toilet

Corat-coret di Toilet merupakan sebuah buku kumpulan cerpen hasil karya Eka Kurniawan. Menyuguhkan hasil karya sastra pada tahun 1999 hingga 2000 yang diawali pada cerita Peter Pan hingga cerita yang berjudul Kandang Babi dengan jumlah 12 hasil karya sastra. Buku rilisan tahun 2014 ini, memiliki kumpulan cerita yang kemudian banyak membukakan mata para pembaca akan cerita yang disuguhkan.

Diawali dengan cerita Peter Pan yang menceritakan sebuah proses panjang seorang penyair hebat dalam memperjuangkan segalanya untuk perang gerilya. Melalui segala tindakan subversif ia rela melakukan apapun demi terlaksanakannya perang ini. Bersama dengan Tuan Puteri dan banyak pendukungnya, hingga pada akhirnya memberikan bekas luka yang tidak dapat terlupakan. Ditutup dengan tahun di setiap akhir cerpen, yaitu tahun 2000 untuk karya Peter Pan dan untuk hasil karya lain beserta tahunnya.

Read more

Lepas Topengmu, Kamu Gak Sendiri

Untuk menjadi manusia yang seutuhnya, perlu luka untuk sedikit membuat kita merasakan arti pulih. Perlu gesekan takdir untuk tahu berharganya waktu. Juga perlu menjadi pecundang untuk tahu siapa diri kita yang sebenarnya. Ya, terkadang manusia belum sadar akan hal itu. Memasang topeng pemenang untuk diakui kekuatannya, berpura-pura bahagia sedang pikiran terus berkecamuk, dan berkeras teguh sedang hati meronta meminta pertolongan.

Mungkin hidup memang bisa dibuat sebercanda itu, akibatnya takdir juga licik dalam memperhitungkan waktu. Bersamaan dengan dunia ini yang begitu kejam, ternyata tak sedikit manusia hidup dalam banyak kebohongan besar. Hal ini kiranya yang menjadi gambaran isi buku Kamu Gak Sendiri karya Syahid Muhammad.

Read more

Kota Kejam Kesayangan

Denting dan deru ban mobil, hiruk pikuk kemacetan di pagi hari membuat mentari yang baru saja bersinar dengan terang akan menertawakan penghuni dari seisi kota ini. Jakarta, si kota kejam kesayangan.

Ketika mendengar nama Jakarta, tempat-tempat apa yang sangat ingin disambangi selain Monas? Ziggy Zezsyazeoviennazabriskie akan mengajakmu berkeliling Jakarta dengan mendengar nama-nama tempat yang barangkali belum pernah didengar sebelumnya, lewat buku Jakarta Sebelum Pagi.

Nillmij atau Nederlandsch-Indische Levensverzekerings en Lijfrente Maatschappij yang merupakan cikal bakal dari Jiwasraya, Kanal Molenvliet yang merupakan saksi bisu sejarah pintu air di Batavia, Planetarium, hingga Museum Taman Prasasti. Ziggy mengajak kita berjalan-jalan di sepanjang kota yang kalau siang hari dikenal begitu kejam, namun ketika malam, deru kendaraan akan disulap menjadi suara jangkrik yang saling bersahut-sahutan.

Read more

Gejolak Emosi Persahabatan dalam Buku Sweetheart in Your Ear

Sweetheart in Your Ear merupakan sebuah novel karya Kincirmainan. Memakai dua sudut pandang; orang pertama dan ketiga, novel ini tidak menggunakan sudut pandang Kiki yang merupakan pemeran utama dalam novel ini, melainkan sudut pandang Saya dan Juna yang di mana lebih mengandalkan logika dari pada perasaan. Novel dengan tema persahabatan cinta diam-diam, ditinggal sahabat memang sudah banyak hadir di genre fiksi di sekitar kita. Namun, novel dengan cerita unik tentang keistimewaan karakternya sendiri masihlah sedikit.

Read more