Olahraga

Panjat Tebing - www.mediapijar.com

Panjat Tebing, Olahraga Ekstrem Penguji Jiwa Berpetualang

Panjat tebing atau dikenal juga dengan istilah rock climbing merupakan olahraga ekstrem yang menantang dan memacu adrenalin. Tidak sembarangan orang dapat melakukan olahraga ini karena panjat tebing termasuk sebagai salah satu dari banyaknya olahraga ekstrem yang dilakukan di alam bebas.

Merajut Sejarah Baru Sepak Bola Indonesia di Tangan Shin Tae-yong - www.mediapijar.com

Merajut Sejarah Baru Sepak Bola Indonesia di Tangan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong, seorang pelatih berpengalaman dari Korea Selatan, membawa visi yang jelas dan tekad kuat untuk mengangkat permainan sepak bola Indonesia ke tingkat internasional. Langkah awalnya yang penuh tantangan ini diawali dengan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi sepak bola Indonesia.

Engklek - www.mediapijar.com

Engklek, Permainan Tradisional yang Seru dan Bermanfaat

Engklek, permainan tradisional yang populer di kalangan anak-anak ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun mental. Permainan ini dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya Indonesia, sekaligus untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Olahraga Kabaddi - www.mediapijar.com

Kabaddi, Olahraga India yang Semakin Mendunia

Kabaddi pertama kali diangkat menjadi permainan modern pada tahun 1911. Pada tahun 2004, permainan ini pun resmi dimainkan dalam piala dunia. Lalu, didirikanlah International Kabaddi Federation oleh seorang presiden bernama Ashish Pachori dari India. Federasi ini menjadi badan pengatur internasional Kabaddi yang keanggotaanya terdiri dari 31 asosiasi nasional.

Bo-Taoshi - www.mediapijar.com

Bo-Taoshi: Permainan Menjatuhkan Tiang Terkasar Asal Jepang

Bo-Taoshi di Akademi Pertahanan Nasional telah dimainkan sejak tahun 1954 pada awal abad ke-20 di Festival Pendirian Akademi sebagai bentuk pelatihan Akademi Militer Kekaisaran, Akademi Angkatan Udara Militer Kekaisaran, dan Akademi Angkatan Laut Kekaisaran. Saat ini, Bo-Taoshi masih dimainkan di Akademi Pertahanan Nasional Jepang pada hari jadi akademi setiap tahunnya.

Bangga! Catat Sejarah Baru, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 - www.mediapijar.com

Bangga! Catat Sejarah Baru, Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Setelah FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 sebelumnya, kini Indonesia berhasil mencatatkan tonggak sejarah baru dalam dunia sepak bola Indonesia. Sejarah tersebut ditorehkan sejak keputusan FIFA yang memberikan kepercayaan kembali kepada Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara turnamen akbar kelompok umur, yaitu Piala Dunia U-17 2023 ke-19.

Pecah Piring - www.mediapijar.com

Pecah Piring, Permainan Pemecah Keseruan Masa Kecil

Permainan tradisional pecah piring ini berasal dari suku Batak Pakpak yang berada di Provinsi Sumatra Utara, khususnya Kabupaten Pakpak Barat dan Dairi. Permainan ini juga biasa dimainkan oleh anak-anak di sore hari untuk mengisi waktu bermain mereka.

Kardiovaskular - www.mediapijar.com

Kenali Workout dan Olahraga Kardiovaskular, Sesama Latihan Fisik yang Beda Manfaatnya

Olahraga kardiovaskular merupakan jenis latihan fisik yang berfokus pada pengoptimalan kesehatan jantung, pembakaran kalori, hingga sistem peredaran darah. Biasa disebut sebagai olahraga kardio, latihan fisik ini dapat diimplementasikan dengan melakukan olahraga atletik. Berbeda dengan olahraga kardio, workout merupakan gabungan dari olahraga atletik, kalistenik, dan cenderung dilakukan tanpa harus berpindah-pindah tempat.

Fenomena Rasisme dalam Olahraga Sepak bola - www.mediapijar.com

Fenomena Rasisme dalam Olahraga Sepak Bola

Rasisme sendiri ialah perilaku diskriminatif terhadap pemain atau penggemar berdasarkan ras, etnisitas, atau latar belakang mereka. Rasisme ini dapat mengganggu konsentrasi, mental, dan psikis para pemain. Dampak dari rasisme ini sendiri menghilangkan sportivitas dalam olahraga itu sendiri dan dapat menggangu jalannya pertandingannya. Faktor ini sering terjadi karena adanya sejarah sengit antarnegara maupun tim yang bertanding sehingga para pendukung ingin hasil maksimal ditorehkan oleh atlet.