Hits: 47

Domu Publisher

“Kawan yang tak pernah mengkhianati kita adalah buku”

Eka Dalanta Rehulina Tarigan, seorang pegiat literasi yang merupakan lulusan Sastra Indonesia Universitas Sumatera Utara tahun 2008 silam. Berbekal kegemarannya membaca buku sejak kecil, membuat ia berkiprah di bidang sastra dan mendirikan Komunitas Ngobrol Buku.

Komunitas Ngobrol Buku didirikan pada tanggal 20 Mei 2020 oleh Eka Dalanta bersama empat orang sastrawan lainnya di Kota Medan. Didorong dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat itu, menjadikan komunitas ini sebagai tempat para pendiri Ngobrol Buku untuk tetap bisa beraktivitas serta bermanfaat untuk menjadi sekelompok orang yang mendekatkan sastra kepada masyarakat.

“Berangkat dari kecintaan kami kepada sastra Indonesia dan ingin memperkenalkannya kepada khalayak luas bahwa sastra itu sebenarnya gak berat sama sekali. Ngobrolin karya sastra itu penting, karena akan menjadikan kita sebagai pribadi yang memiliki rasa empati dan sikap yang memanusiakan manusia lain dengan baik,” ucap Eka.

Komunitas Ngobrol Buku juga menjadi salah satu bukti bagaimana Eka berusaha untuk mengenalkan dunia sastra kepada masyarakat dengan cara yang lebih asik dan kekinian. Ia juga menambahkan bahwa adanya Komunitas Ngobrol Buku ini patut diapresiasi.

“Tujuan dibuatnya komunitas ini juga diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan sastra Indonesia kepada khalayak luas terutama kepada anak-anak muda, maka dari itu kami menggunakan platform social media seperti Instagram,” jelasnya.

Eka Dalanta - www.mediapijar.com
Eka Dalanta sebagai moderator pada kegiatan komunitas Ngobrol Buku di Pos Bloc Medan.
(Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi (Eka Dalanta))

Sampai sekarang, Komunitas Ngobrol Buku konsisten melakukan diskusi setiap hari Jumat pada pukul 20.00 WIB melalui live Instagram @ngobrol.buku. Untuk kegiatan yang dilakukan secara luring biasanya dilaksanakan setiap satu atau dua kali dalam sebulan. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang profesi atau pendidikan, tidak hanya penulis, sastrawan, ataupun pegiat literasi saja, tetapi setiap orang yang membaca karya sastra.

Karena dedikasinya yang tinggi terhadap penyebarluasan informasi tentang sastra dan literasi, Eka ditetapkan sebagai Duta Baca Daerah Kabupaten Karo Sumatera Utara periode 2023—2027. Ia dilantik pada tanggal 27 September 2023 oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting. Ia bertanggung jawab serta berperan penting dalam meningkatkan literasi sebagai sumber inspirasi, motivasi, dan mendorong masyarakat Karo untuk gemar membaca.

Eka juga memiliki beberapa hal yang ingin diraihnya di masa depan. “Namanya manusia pasti punya harapan, supaya ada dorongan untuk hidup. Aku pribadi ingin melakukan banyak hal yang berdampak bagi banyak orang, seperti membuat Ngobrol Buku bisa lebih berkembang lagi, mengadakan kegiatan atau festival sastra, mengadakan event yang melibatkan banyak penulis dan mendorong lahirnya penulis-penulis baru, serta ingin terus berkarya dengan menerbitkan buku-buku tulisanku,” tutup Eka sebagai harapannya kelak.

Leave a comment