Dheandra Hanani Nalsalitha br Meliala

Pijar, Medan. Croissant dan waffle mungkin adalah salah satu camilan yang sudah sering kita dengar, terutama bagi para foodie. Tapi bagaimana dengan croffle? Apakah sobat Pijar sudah pernah mendengar camilan yang satu ini? Kalau belum yuk simak bareng-bareng.

Di era pandemi ini semakin banyak kuliner unik yang bermunculan dan viral. Salah satunya adalah croffle. Makanan ini merupakan camilan yang berasal dari adonan croissant yang ditempatkan pada cetakan waffle. Karena asal-usulnya yang menarik, kuliner ini membuat publik merasa penasaran.

Meski croissant berasal dari Prancis dan waffle berasal dari Belgia, croffle bukan berasal dari kedua negara tersebut. Camilan ini sendiri berasal dari Irlandia. Croffle awalnya diciptakan oleh seorang pastry chef yang bernama Louise Lennox pada tahun 2017. Menurut Louise, industri kuliner di dunia semakin berkembang dan perlu adanya inovasi baru yang tentunya memanjakan lidah para foodie.

Camilan ini tengah naik daun di negara yang terkenal dengan industri k-pop nya, yaitu Korea Selatan. Sebenarnya, croffle mulai hadir sejak tahun 2020 dalam jajaran street food Korea. Namun, viral karena seorang aktris dan penyanyi asal Korea Selatan yakni Kang Min-Kyung yang menyatakan dalam kanal youtubenya bahwa croffle menjadi salah satu makanan favoritnya.

Kehadiran croffle tentunya menambah variasi kuliner di dunia. Uniknya, camilan ini dapat disajikan dengan berbagai topping yang manis maupun gurih. Ada yang menyajikan camilan ini dengan tambahan es krim, madu, buah-buahan, namun ada juga yang memberikan tomat, daging dan lainnya sebagai tambahan camilan ini.

Camilan ini berbentuk seperti setengah lingkaran dengan hiasan kotak-kotak pada seluruh sisinya yang dihasilkan oleh cetakan waffle. Croffle dan waffle tidak dapat dibedakan hanya dengan sekali melihat. Kita perlu mencicipinya untuk tahu perbedaannya. Kalau berbicara tekstur, croffle sendiri terasa sedikit lebih padat daripada croissant, namun tidak sekering croissant. Camilan ini sangat cocok sebagai pendamping susu dan kopi. Biasanya Croffle disajikan sebagai hidangan penutup.

Mengikuti perkembangan jaman, industri kuliner di Indonesia juga mulai menyajikan croffle. Di Indonesia sudah banyak kedai kopi atau toko yang menjadikan croffle sebagai salah satu menunya. Sobat Pijar tak usah ragu lagi dengan rasanya, langsung saja beli dan nikmati camilan satu ini.

(Redaktur Tulisan: Muhammad Farhan)

Leave a comment