Hits: 35

Dira Claudia Bahroeny

Pijar, Medan. Di bulan Ramadhan, sudah paling tepat untuk menyantap hidangan yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Seperti olahan pisang satu ini yang identik dengan warna hijau. Apa lagi kalau bukan Es Pisang Ijo?

Es Pisang Ijo merupakan kudapan yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya, olahan ini menggunakan pisang ambon, raja, atau kepok yang kemudian dibalut dengan tepung beras. Hidangan ini dilengkapi dengan bubur sum-sum yang dapat menetralisir rasa manis dari sirop merah dan susu kental manis yang dituang di atasnya. Sebelum disantap, jangan lupa tambahkan bongkahan es batu kecil untuk memberikan sensasi segarnya, ya!

Walaupun bahan-bahan yang digunakan terbilang sederhana, namun Es Pisang Ijo terbukti dapat memanjakan mulut, lho. Rasa manis nan gurih, aroma pandan, dan rasa segar menyatu dalam satu suapan. Cukup menggugah selera, bukan?

“Iya, aku suka es pisang ijo. Dari tampilannya aja udah menarik, terus rasanya juga beda dari es-es yang lain. Isiannya juga ada pisang sama bubur sum-sum, nggak cuma air dan es aja. Cocok sih untuk dijadikan hidangan berbuka. Dia segar dan bisa buat kenyang juga. Jadi kalau pas berbuka nggak mau langsung makan berat, bisa minum es pisang ijo” jelas Detia, salah seorang penggemar Es Pisang Ijo.

Di Medan sendiri, Es Pisang Ijo cukup mudah untuk ditemukan. Tenang saja, berikut telah merangkum rekomendasi penjual Es Pisang Ijo yang berada di Medan.

  1. Es Pisang Ijo Mbak ‘Ai

“Aku biasa makan Es Pisang Ijo Mbak ‘Ai yang di Komplek Tasbih. Rasanya enak, segar, dan manisnya nggak buat sakit tenggorokan. Aku pernah makan selain Mbak ‘Ai juga, tapi nggak seenak Mbak ‘Ai dan teksturnya lebih cair,” – Detia.

  1. Es Pisang Ijo Kak Deya

“Biasa makan es pisang ijo tuh di orang-orang yang jual jajanan takjil atau sama emang online shop yang jual pisang ijo kayak @pisangijokakdeya yang harganya mulai dari 10.000 aja,” – Aqilla.

  1. Coffee Box

“Di Coffee Box, soalnya di sana so far es pisang ijonya itu yang rasanya paling konsisten, sih, nggak terlalu manis (komponen lain selain pisang), tapi pisangnya manis. Terus esnya juga nggak bikin sakit tenggorokan, mungkin karena tempatnya lebih bersih dan proper ya. Dan rasanya enak, ada gurihnya juga,” – Alya.

  1. Coto Makassar

“Biasa aku makan es pisang ijo di Coto Makassar, di ringroad. Kenapa aku milih di situ, karena harganya lebih murah juga rasanya lebih enak, beda dari yang lain. Menurut aku, sih, pisangnya premium. Kalau yang lain-lain yang pernah aku coba, pisangnya lembek kayak udah lama gitu. Aku juga saranin ke teman aku kalau ke Coto Makassar, jangan lupa pesan es pisang ijo karena itu the best, fantastic four!” – Dira Zulfi.

Dari rekomendasi dan penjelasan di atas, udah kebayang belum enaknya es pisang ijo? Yuk, buruan cobain Es Pisang Ijo cita rasa Makassar yang juga ada di Kota Medan!

 

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment