Yulia Kezia Maharani

Pijar, Medan. Mendengar kata mandi malam tentunya sudah tidak asing juga bagi kita dengan segala pantangannya. Seperti yang sering diucapkan orang tua dari generasi ke generasi, “Jangan mandi malam-malam, nanti bisa reumatik loh!”

Acap kali hal tersebut masih diyakini oleh beberapa orang. Mereka percaya bahwa mandi di malam hari dapat membawa efek buruk bagi kesehatan tubuhnya serta menimbulkan penyakit, seperti reumatik, paru-paru basah, asam urat, dan lain-lain. Padahal, belum ada bukti ilmiah yang dapat memastikan bahwa mandi malam berbahaya bagi kesehatan tubuh. Faktanya, mandi malam justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Mandi pada malam hari dengan menggunakan air hangat ternyata dapat membantu meringankan gejala reumatik serta dapat meningkatkan kualitas tidur kita, terutama untuk orang-orang yang memiliki kesulitan tidur (insomnia).

Menurut Christopher Winter, M.D, dari Academy of Sleep Medicine, suhu tubuh akan naik saat mandi dengan air hangat dan ketika selesai mandi, akan terjadi penurunan suhu tubuh yang dapat memicu rasa kantuk. Makanya, setelah mandi kita cenderung dapat tidur lebih nyenyak.

Tidak melulu harus menggunakan air hangat, sesekali mandi malam yang diselingi dengan air dingin juga dapat membantu tubuh mengurangi nyeri otot setelah beraktivitas sehari-hari. Penggunaan air dingin dan hangat pada mandi malam memiliki manfaat yang maksimal apabila disesuaikan dengan kondisi tubuh saat itu.

Beberapa manfaat dari mandi malam dapat kita lihat sebagai berikut:

  1. Membantu mengatasi stres

Aktivitas sehari-hari tentu membuat tubuh terasa penat. Mandi di malam hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga tubuh akan kembali rileks dan bugar yang menjadikan pikiran kembali jernih dan kita terbebas dari rasa cemas atau stres.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Seperti yang dijelaskan di awal, mandi malam akan menurunkan suhu tubuh dan dapat memicu rasa kantuk. Akan tetapi, mandi sebaiknya dilakukan 1-2 jam sebelum tidur. Karena jika tidur setelah mandi, tubuh masih berada dalam kondisi segar dan berenergi sehingga mengakibatkan kita tidak merasa kantuk sama sekali.

  1. Membantu mengurangi jerawat

Jika kita langsung tidur dalam keadaan berkeringat yang mengandung bakteri ditambah lagi penggunaan bahan kimia seperti make up akan meresap ke dalam kulit sehingga membuat wajah kita rentan berjerawat. Mandi sebelum tidur akan membuat tubuh kita bersih dan terhindar dari bakteri penyebab jerawat.

  1. Mencegah Bau Badan

Selain terhindar dari jerawat, tubuh yang bersih sebelum tidur akan terhindar dari bakteri dan kuman penyebab bau badan dari keringat kita.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit akan beregenerasi pada malam hari, sehingga ketika kita tidur dalam keadaan wajah dan tubuh yang bersih maka sel-sel kulit mati akan terangkat, tidak ada kotoran/debu yang akan tersumbat pada pori-pori kulit. Alhasil, kita bangun dengan kondisi kulit sehat di keesokan harinya.

  1. Merelaksasi otot dan memperlancar sirkulasi darah

Setelah beraktivitas seharian, otot pada tubuh akan terasa lebih tegang dan kaku. Mandi akan memberikan efek menenangkan sekaligus mengendurkan otok-otot tersebut sehingga akan lebih terasa rileks.

Namun, beberapa hal perlu diperhatikan saat mandi malam, yakni hindari mandi dengan air hangat terlalu lama karena akan menghilangkan minyak dalam kulit dan menyebabkan kulit kering. Usahakan durasi mandi hanya berkisar 5-10 menit.  Jika kita keramas pada malam hari, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur agar terhindar dari demam.

Perlu diketahui pula, mandi malam hanya berlaku pada orang dewasa dan tidak dianjurkan untuk bayi. Memandikan bayi terlalu malam akan berisiko mengalami hipotermia karena bayi belum mampu mengatur suhu tubuhnya secara sempurna.

Sekarang, sobat Pijar jadi lebih mengetahui manfaat dari mandi malam bukan? Dengan begini, ternyata mandi malam masih lebih banyak memiliki sisi positif dibanding sisi berbahaya seperti yang sering kita dengar sebelumnya.

(Editor: Diva Vania)

Leave a comment