Hits: 7

Puteri Permata Sari Daulay

Pijar Medan, Olahraga emang bikin sehat. Tidak salah kalau senam poco-poco dan sepeda tipis (fixie) pernah jadi tren. Belakangan ini, lari jadi tren dimana-mana. Manfaatnya pun tak kalah dengan olahraga lain, seperti renang atau latihan di gym. Selain meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, lari juga melatih hampir seluruh otot tubuh. Dan yang tak kalah penting, membakar banyak kalori.

Akhir-akhir ini, olahraga yang murah dan mudah dilakukan ini menjadi tren tanpa mengurangi aktifitas lari itu sendiri. Yang dulunya hanya sekadar  jogging pagi, lari sore santai bareng teman dan keluarga sekarang jadi ajang cari dana sampai ajang cari pacar. Eh kok bisa ya? Yuk simak event-event lari super kreatif dibawah ini!

Color Run

Color Run, ajang berlari sambil menabur warna. Color Run yang pertama kali diselenggarakan pada bulan Januari 2012 di Tempe, Arizona, Amerika Serikat. Di Indonesia acara color run sudah diselenggarakan di Jakarta dan terbilang sangat sukses dan meriah. Baru-baru ini, Medan juga menyelenggarakan Color Run yang bertemakan Run For Fun Team Medan. Hayo sobat PIJAR ada yang ikut acara ini ga kemarin?

Penuh warna. Bukan hanya pupuk warna yang manjadi icon acara yang menjadi semarak acara ini. Kalung, gelang, ikat kepala warna-warni, dll  yang dipakai oleh peserta acara lari 5K ini pun menambah semarak acara ini. Namun kaos peserta haruslah putih. Karena moto acara ini adalah “Putih di garis start penuh warna di garis finish”.

PACARUN!

Gimana, gimana?  Pacar lari? Kok mirip kawin lari yak? Bukan, bukan itu maksudnya. PacaRun adalah sebuah acara yang kreatif dan dikemas dengan baik dengan mengkolaborasikan kegiatan olahraga yaitu lari sejauh 5K dan acara musik. Acara lari ini membawa kesejahteraan bagi berbagai umat loh! Buat yang pacaran bisa makin dekat, buat yang jomblo bisa dapat pacar. Kok bisa?

 Jadi, peserta yang mengikuti acara PacaRun ini dikategorikan dalam tiga kategori. Pertama bagi peserta yang single mereka dapat memakai kaos berwarna putih dengan tulisan ‘SINGLE’. Lalu bagi mereka yang udah punya pacar dapat memakai kaos berwarna merah dengan tulisan ‘TAKEN’. Satu lagi, buat mereka yang gak jelas, pakai kaos berwarna hitam dengan tulisan ‘COMPLICATED’. Nah buat yang naksir, kita hafalin nomor punggungnya. Nanti harus di tweet dan pake hashtag, setelah itu bakal keluar di bigscreen. Seru kan? Acara ini dilaksanakan di Bandung pada tanggal 27 April yang lalu. Rutenya ke Braga, Dago, Alkateri, Taman Lalu Lintas, dan Braga.

Run For Charity

Selain untuk kesehatan diri sendiri, lari pun dijadikan sebagai ajang galang dana untuk teman-teman kita yang sedang sakit.  Ada beberapa acara galang dana dengan berlari yang sudah dilakukan di Indonesia. Salah satunya 5K for Smiles 2014. Acara ini untuk menggalang dana  bagi pasien kurang mampu dengan kondisi celah bibir dan langit-langit yang tak sempurna. Acara lari sepanjang 5 kilometer yang dimulai dari depan Gedung Balai Kota Bandung ini terselenggara berkat kerjasama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG-UNPAD) dan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) di bawah organisasi Persatuan Ahli Bedah Mulut Indonesia (PABMI).

Acara lari marathon ini berhasil menarik minat 1.000 pelari yang tidak hanya dari Bandung, melainkan dari kota lainnya seperti Bogor dan Jakarta. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000, secara tidak langsung para peserta telah ikut membantu terselenggaranya operasi celah bibir dan langit-langit tersebut.

Leave a comment