Septrian Arnike Maharani br Tarigan

Pijar, Medan. Sobat Pijar mungkin pernah merasa seakan menerima getaran atau dering yang menandakan adanya notifikasi pesan masuk di ponsel, tetapi ketika dicek tidak ada notifikasi yang masuk.

Namun, tenang saja, selama hal tersebut tak terjadi terlalu sering dan terus menerus Sobat Pijar tak perlu khawatir, itu adalah hal yang umum terjadi pada orang yang erat berhubungan atau menggunakan ponsel dan kerap menunggu notifikasi pesan dari orang lain. Hal ini dikenal sebagai Phantom vibration syndrome.

Getaran tersebut muncul akibat dari kecanduan dan ketergantungan terhadap penggunaan ponsel. Sindrom yang juga disebut sebagai getaran hantu ini sering terjadi secara tiba-tiba, di mana pengguna ponsel seperti berhalusinasi dan merasakan ada sesuatu yang bergetar atau berdering dari ponsel mereka. Hal ini kerap mengganggu aktivitas sehingga membuat pengguna ponsel menjadi tidak fokus ketika menjalani hari.

Getaran ini hampir pernah dialami semua pengguna ponsel, mulai dari anak-anak, pelajar, mahasiswa, hingga para pejabat. Umumnya gejala ini paling sering terjadi di kalangan anak remaja, di mana mereka banyak menghabiskan waktu luang dengan menggunakan gadget. Hal ini menyebabkan halusinasi yang berlebihan bagi sebagian besar orang. Para pengguna ponsel yang terkena sindrom ini pun harus mengonsumsi obat dan menjalani terapi jika gejalanya semakin parah.

Saat ini belum ditemukan apa penyebab pastinya, namun kecanduan dan ketergantungan terhadap ponsel menjadi perkiraan awal munculnya sindrom ini. Para pengguna yang terlalu sering memainkan ponsel dan kerap menunggu notifikasi pesan dari orang lain, sering menjadi penyebab kemunculan getaran tersebut. Sifat dasar manusia yang mudah terobsesi akan sesuatu juga merupakan salah satu hal pendukung timbulnya sindrom.

Ada beberapa tips agar Sobat Pijar dapat terhindar dari getaran hantu ini. Sobat Pijar bisa memperbanyak interaksi dengan lingkungan sekitar sehingga tidak terlalu terfokus dan terus menerus menggunakan ke ponsel.

Sobat Pijar pasti sering menemui kasus dimana orang- orang sibuk berselancar di dunia maya sampai lupa untuk berintertaksi dengan dunia nyata. Dengan memperbanyak kegiatan dan berinteraksi dengan orang di sekitar, maka hal tersebut akan mengurangi resiko terkena sindrom ini.

Selain itu, Sobat Pijar juga dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti melakukan hobi lalu mematikan notifikasi ponsel serta menjauhkannya dari jangkauan. Dua hal ini diyakini dapat menghilangkan sindrom getaran hantu.

Meskipun begitu, banyak masalah kesehatan yang bisa timbul akibat kebiasaan menggunakan ponsel berlebihan. Oleh karena itu, Sobat Pijar jangan terlalu sering menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang panjang dan biasakan berinteraksi serta beraktivitas secara nyata langsung di lingkungan sekitar. Selain itu, Sobat Pijar yang suka menunggu chat dari doi harus waspada yah, jangan sampai kena prank oleh getaran ini. Nanti bukannya senang dapat notif dari si dia, tapi malah kesal sendiri akibat getaran hantu ini.

(Redaktur Tulisan: Muhammad Farhan)

Leave a comment