Olahraga Sehat dan Menyenangkan dengan Cardio Dance

Sumber Foto: Google.com

Natasya Lidya N. Sianipar / Jenni Sihombing

Pijar, Medan. Di masa pandemi saat ini kita dituntut untuk beraktivitas dari satu tempat yang sama. Tubuh yang kurang pergerakan dapat memicu berbagai penyakit seperti osteoporosis, stres, dan menurunnya fungsi otak, sehingga olahraga rutin menjadi satu kunci penting agar menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Bagi sebagian orang, olahraga kardio yang monoton seperti lari, renang, lompat tali akan terasa membosankan dan tidak menggugah semangat untuk dilakukan secara rutin. Orang sering kali membutuhkan olahraga yang bukan hanya sehat tetapi juga asik untuk dilakukan. Cardio dance adalah jawaban yang tepat bagi kamu yang menginginkan pola hidup sehat dengan tetap memfokuskan pada sesuatu hal yang menyenangkan. Mengapa demikian? Karena pada olahraga cardio dance ini, kita akan menikmati gerakan demi gerakan layaknya sebuah tarian atau dance yang membuat tubuh merasa gembira, bersama irama lagu yang mengalun di telinga.

Kalau kita telusuri, cardio dance berasal dari kata cardiovascular. Hal itu berarti, olahraga yang satu ini menyangkut dengan jantung dan pembuluh darah. Biasanya, olahraga ini memang dilakukan dengan serangkaian gerak tari diiringi dengan musik yang ditujukan untuk melatih jantung.

Berdasarkan penjelasan diatas kamu pasti beranggapan bahwa olahraga yang satu ini mungkin sama halnya dengan olahraga zumba yang juga berbasis tarian. Sayangnya tidak, cardio dance cenderung berbeda dengan olahraga zumba. Gerakan-gerakan yang dipakai dalam gerakan zumba lebih banyak mengadopsi gerakan senam aerobik yang terfokus untuk membakar lemak. Hal ini sedikit berbeda dengan cardio dance. Olahraga ini sendiri pada dasarnya adalah penggabungan ritme musik dan koreografi tarian, sehingga terciptalah latihan yang dinamis dan menyenangkan.

Untuk jenis genre musik yang digunakan dalam zumba dan cardio dance amat berbeda. Pada dasarnya zumba lebih terfokus menggunakan musik-musik reggaeton, salsa, rumba dan meringue. Sedangkan pada olahraga cardio dance cenderung lebih modern dengan mengkombinasikan gerakan berdasarkan irama pada musik-musik hardrock, pop, hip-hop, bahkan dangdut serta musik kekinian lainnya. Karena itu juga olahraga yang satu ini banyak digemari oleh berbagai kalangan usia muda bahkan tua sekalipun.

Cardio dance sendiri tidak memiliki gerakan ataupun koreografi khusus yang menjadi ketentuan. Olahraga ini berdurasi 15-30 menit yang terbagi menjadi beberapa tahapan. Tahap yang pertama adalah stretching dan warm up, tahapan ini bertujuan untuk memanaskan tubuh dan mengurangi kemungkinan kram atau cedera otot karena melakukan gerakan berat secara mendadak. Selanjutnya, pada tahap kedua atau inti dari olahraga ini, kita akan menari mengikuti iringan musik yang cenderung cepat, lalu akhirnya ditutup dengan sesi cooling down untuk menetralkan kerja otot dan sendi setelah melakukan gerakan cepat pada tahap inti sebelumnya.

Olahraga ini memiliki berbagai manfaat positif untuk kesehatan fisik dan mental seperti melatih otot pada jantung agar berdetak lebih cepat sehingga fungsi jantung menjadi optimal. Olahraga ini juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu apabila ingin menurunkan berat badan atau lebih tepatnya diet, karena dapat membantu membakar lemak dalam jangka panjang jika dilakukan secara rutin. Manfaat lain yang akan kita dapatkan lewat olahraga yang satu ini yaitu dapat membantu meningkatkan massa otot yang nantinya berpengaruh pada peningkatan metabolisme tubuh, melancarkan sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh, memperbaiki mood dengan gerakan ceria disertai musik, dan meningkatkan kinerja otak. Selain itu, tidak seperti olahraga lainnya yang hanya berfokus pada beberapa bagian tubuh saja cardio dance akan mengerahkan latihan pada keseluruhan bagian otot tubuh kamu.

Cardio dance merupakan olahraga yang ramah untuk semua kalangan usia dan juga bagi para pemula yang baru ingin memulai kegiatan olahraga rutin. Hal itu karena olahraga yang satu ini tidak membutuhkan peralatan dan latihan khusus. Gerakan yang dipakai juga cenderung ceria dan tidak rumit dengan iringan musik yang menyenangkan.

Jika kamu penasaran dengan olahraga yang menyenangkan ini, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai video instruksi cardio dance di platform youtube untuk mempermudah latihan kamu.

(Editor: Muhammad Farhan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *