Cegah Kanker dari Sekarang

Sumber Foto: https://doktersehat.com/wp-content/

Bayu Herlambang / Asti Febriana

Pijar. Medan. Setiap tahunnya kita selalu memperingati Hari Kanker Sedunia. Di mana hari tersebut jatuh pada tanggal 4 Februari. Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kanker secara global. Karena sudah banyak korban yang berjatuhan akibat penyakit mematikan ini, maka dari itu perlunya kesadaran masyarakat dunia akan bahaya kanker.

Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh, sehingga menyebabkan sel normal disekitarnya pun ikut rusak. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya, namun akan terdeteksi setelah mencapai stadium lanjut yang menyebabkan korbannya sering kehilangan nyawa akibat terlambat diatasi oleh medis.

Seseorang juga dapat mengetahui lebih awal apakah ia terkena penyakit mematikan ini atau tidak. Caranya dengan melihat gejala -gejala yang timbul, seperti muncul benjolan, nyeri di salah satu bagian tubuh, pucat, lemas pada seluruh badan dan cepat lelah, penurunan berat badan secara drastis dan batuk kronis, bahkan demam yang terus berulang pada tubuh oleh karena itu perlu untuk melakukan pemeriksaan skrining atau cek kesehatan secara berkala, agar Kanker cepat terdeteksi secara dini.

Penyebab kanker dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti terpapar radiasi dan zat kimia misalnya (asbes atau benzene) , terinfeksi virus seperti Hepatitis B, Hepatitis C, dan HPV, mengalami obesitas, perokok, penderita HIV/AIDS, dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Memperingati Hari Kanker Sedunia juga berarti memperingati masyarakat seluruh dunia untuk tetap menjaga kesehatan serta menjaga pola hidup agar terbebas dari berbagai penyakit. Untuk memiliki tubuh yang sehat dan bebas kanker, pola hidup sehat dan seimbang adalah dua hal wajib yang harus tetap dijaga dengan baik. Pola hidup yang sehat dan teratur dapat membantu sistem pertahanan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga risiko terhadap kanker bisa ditekan dengan baik. Hal ini tentu tidak sulit, bagi mereka yang telah terbiasa menjalankannya sejak lama.

Namun meski kita belum memiliki kebiasaan sehat seperti ini, tidak ada salahnya untuk segera mulai menerapkan pola hidup sehat pada diri kita. Dengan hal itu, maka akan membawa banyak dampak positif bagi tubuh. Selain mencegah berbagai macam penyakit lainnya, kita juga dapat mencegah kanker itu sendiri.

Selain itu, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari kanker, lakukan beberapa langkah berikut ini dengan baik. Pertama konsumsi makanan sehat. Kedua hindari rokok dan alcohol. Ketiga menjaga berat badan tetap seimbang. Keempat menerapkan pola tidur yang baik dan istrirahat yang cukup, dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk berolahraga dengan rutin.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *