Muhammad Farhan

Pijar, Medan. Saat ini seluruh dunia sedang menghadapi tantangan berat. Awal tahun 2020  muncul virus baru yang diyakini berasal dari Wuhan, China yaitu Covid-19. Virus ini menyebar secara cepat ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia. Per tanggal 11 Maret 2020 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan masa darurat Covid-19 dan virus ini resmi dinyatakan sebagai pandemi.

Penyebaran yang cepat dan sangat mudah menyebabkan banyak negara mengambil sikap demi mengatasi pandemi ini. Mulai dari melarang warga asing masuk ke negaranya, meniadakan kegiatan yang menyebabkan keramaian seperti sekolah dan kuliah, menerapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga lockdown. Semua dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Masa pandemi ini pun berdampak besar terhadap aktivitas masyarakat luas, terlebih lagi saat ini umat islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pandemi ini menyebabkan bulan Ramadan kali ini terasa sedikit berbeda. Cukup banyak tradisi yang biasa kita lakukan di bulan Ramadan saat ini mau tidak mau harus dihindari dikarenakan aturan social distancing. Contohnya adalah kegiatan mengisi waktu sembari menunggu berbuka puasa yang lebih awam dikenal dengan kata ngabuburit.

Yang biasanya selama bulan Ramadhan, kita ngabuburit dengan berkeliling mencari takjil, bermain bersama teman, atau bahkan hanya jalan-jalan sore di sekitaran rumah, pada tahun ini tidak bisa dilakukan dikarenakan pandemi saat ini. Namun, muncul ide demi mengakali keterbatasan tersebut. Ide itu adalah ngabuburit online. Di mana kegiatan ngabuburit yang biasa kita lakukan setiap tahunnya dilakukan secara virtual atau online, kita tetap bisa bersenda gurau dan bermain  dengan teman-teman. Hal itu tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Ngabuburit online bahkan menjadi populer di kalangan remaja saat ini. Ngabuburit online juga banyak caranya, mulai dari sekadar menonton youtube, mendengarkan lagu, membuat video tiktok, workout di rumah, bahkan mengobrol lewat video call bersama teman-teman melalui berbagai aplikasi. Banyak juga artis-artis yang melangsungkan live melalui platform media sosial instagram dengan membahas topik-topik menarik yang sedang hangat di masyarakat. Ada juga beberapa musisi membuat konser online atau hanya nyanyi-nyanyi kecil sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit online juga seakan menjadi tradisi baru selama bulan Ramadan tahun ini. Jadi, saat ini kita tetap bisa mengisi waktu menunggu berbuka puasa bersama teman tanpa harus bertatap muka serta bertemu secara langsung dan tetap di rumah saja. Walau keadaan sedang tak baik-baik saja, jiwa kita tetap harus baik ya Sob!

(Redaktur Tulisan: Intan Sari)

Leave a comment