Hits: 2

Husna Nabila Pulungan

Pijar, Medan. Dalam bulan Ramadan yang penuh berkah ini, banyak dari kita mencari cara untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa dengan kegiatan yang bermakna. Salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan adalah menonton film bersama keluarga. Di tengah kesibukan berpuasa, menonton film bisa menjadi hiburan yang menyenangkan dan membuat waktu terasa lebih cepat berlalu.

Mencari hiburan yang cocok untuk menemani waktu menunggu berbuka puasa, Anda bisa memilih film yang mengandung nilai-nilai keluarga untuk dinikmati bersama. Yuk, mari kita jelajahi beberapa rekomendasi film bernuansa islami yang menghadirkan cerita inspiratif, menghibur, dan tentunya cocok untuk dinikmati bersama keluarga.

Penasaran apa saja pilihannya? Ayo, cari tahu lebih lanjut di sini.

  1. 99 Cahaya di Langit Eropa 1 dan 2 (2013 dan 2014)

Film “99 Cahaya di Langit Eropa” sangat cocok untuk dinikmati saat menunggu berbuka puasa, karena menyampaikan pesan yang dalam tentang keimanan, perjalanan spiritual, dan nilai persahabatan. Kisah tentang perjalanan Hanum dan Rangga, dua mahasiswa Indonesia yang berusaha memahami Islam di tengah keberagaman budaya Eropa, memberikan inspirasi kepada penonton untuk menjelajahi dan memahami agama mereka sendiri.

Anda diajak untuk merenung tentang keberagaman, keadilan, dan kebaikan yang sangat relevan di bulan Ramadan.

Tidak hanya itu, “99 Cahaya di Langit Eropa” juga memberikan pengalaman visual yang menakjubkan. Dengan latar belakang indahnya Eropa, film ini juga memberikan kesempatan kepada penonton untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Cerita yang kuat dan pemandangan yang menakjubkan akan meningkatkan semangat dan membawa kedamaian.

Di samping mengungkap rahasia sejarah perkembangan Islam di Eropa, “99 Cahaya di Langit Eropa Part 2” juga memberikan jawaban atas berbagai misteri yang tersisa dari film sebelumnya. Meliputi penyegaran hubungan antara Khan dan Stefan yang sebelumnya tegang, kehadiran kembali Fatma Pasha di Turki setelah menghilang tanpa jejak, serta kisah manis tentang pendidikan Rangga bersama Maarja di Eropa.

Tema toleransi Islam terhadap agama lain juga ditonjolkan, tercermin dari pengalaman Hanum dan Rangga sebagai kaum minoritas di berbagai tempat di Eropa. Melalui perjalanan mereka, penonton diundang untuk merenungkan makna toleransi, menghargai keragaman, dan memupuk persahabatan lintas budaya.

  1. Buya Hamka (2023)

Menampilkan biografi Buya Hamka, perjalanan hidup ulama dan sastrawan terkemuka Indonesia. Mulai dari masa kecil di Minangkabau hingga kemasyhuran yang diraihnya di tanah air. Penonton akan menyaksikan bagaimana Buya Hamka berjuang untuk mengejar ilmu dan kebenaran, diiringi dengan visual yang memukau dan cerita yang menggugah.

Lewat kisahnya, Anda akan belajar tentang esensi kehidupan, keagamaan, dan perjuangan sosial yang dihadapi Buya Hamka. Alur yang penuh emosi dan karakter yang kuat menjadikan film ini sebagai penghormatan yang pantas bagi salah satu intelektual terbesar di Indonesia.

Film ini juga menyoroti pencapaian Buya Hamka dalam dunia sastra yang telah menginspirasi dan merubah pola pikir masyarakat. Penyajian yang penuh emosi dan visual yang mengesankan, mengajak Anda untuk menyaksikan perjalanan inspiratif seorang tokoh yang karyanya masih memiliki dampak yang kuat hingga kini.

  1. Negeri 5 Menara (2012)

“Negeri 5 Menara” mengisahkan perjalanan menginspirasi lima pemuda dari berbagai daerah di Indonesia yang berkumpul di sebuah pondok pesantren di Jawa Barat. Mereka semua datang dengan satu tujuan yang sama, menuntut ilmu agama dan mencapai kesuksesan dalam hidup.

Dengan semangat dan tekad yang tak kenal lelah, mereka belajar tentang arti sejati persahabatan, keberanian, dan keteguhan hati dalam menghadapi segala rintangan. Film ini memaparkan bagaimana kelima pemuda tersebut menjalani masa remaja mereka dengan penuh semangat dan dedikasi, mengejar impian masing-masing untuk meraih puncak kesuksesan.

Dengan latar belakang yang memesona di pegunungan Jawa Barat dan atmosfer pesantren yang kental, “Negeri 5 Menara” memberikan pengalaman yang dalam tentang nilai-nilai kehidupan dan keberagaman budaya di Indonesia. Mulai dari perjuangan dengan diri sendiri hingga menghadapi tantangan lingkungan yang keras. Anda dapat memperoleh pelajaran tentang kekuatan tekad dan keberanian untuk mengejar impian, serta pentingnya persahabatan dan solidaritas dalam meraih tujuan bersama.

Nah, itu dia sejumlah film bernuansa islami yang bisa Anda saksikan sambil menunggu waktu berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman. Dari cerita yang menginspirasi hingga petualangan yang mendebarkan, setiap film ini menjanjikan pengalaman seru dan berkesan.

 

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment