Hits: 1

Najla Khairani

Pijar, Medan. Cromboloni, makanan ini belakangan santer terdengar di kalangan pecinta kuliner. Tidak butuh waktu lama, namanya yang unik kemudian viral di media sosial. Lantas, apakah sebenarnya cromboloni ini?

Cromboloni merupakan inovasi penggabungan kue kering (pastri), yaitu kroisan (croissant) yang merupakan roti sabit asal Austria dan bomboloni (bombolone), donat isi krim rasa dari Italia. Melansir dari travel.tempo.co, cromboloni ditemukan dan diciptakan pertama kali pada tahun 2022 oleh seorang koki terkenal asal New York, Amerika Serikat, bernama Scott Cioe. Namun, saat pastri gabungan kroisan & bomboloni itu pertama kali diciptakan, ia memberinya nama The Supreme  atau New York Roll, bukan cromboloni.

Belum ada sumber yang jelas mengenai alasan munculnya nama tersebut. Beberapa masyarakat beropini bahwa nama cromboloni merupakan singkatan dari kombinasi nama kedua pastri, yaitu “croissant” & “bomboloni”. Dengan perpaduan tersebut, tampilan cromboloni berbentuk bulat berlapis seperti kroisan, sehingga tekstur luarnya renyah. Sementara itu, tekstur dalamnya lembut seperti bomboloni karena isian krim berwarna-warni.

Pembuatan pastri ini terhitung rumit. Dibutuhkan tiga hari untuk prosesnya, mulai dari membuat adonan, proses laminasi, hingga pembakaran.

Cromboloni sudah bisa ditemukan di banyak kota di Prancis, seperti Paris, Nantes, Amiens, dan Strasbroug. Selain Prancis, makanan ini dapat pula ditemukan di Montreal, Kanada. Kini, cromboloni tengah menjadi sorotan di Indonesia. Keviralannya bermula sejak pada akhir tahun 2023. Sejumlah toko roti terkenal di Jakarta, Bandung, hingga Solo menjual cromboloni dengan harga bervariasi.

Kuliner ini mulai populer di kalangan pengguna media sosial terutama TikTok dan Instagram, sejak bulan November 2023 hingga sekarang, berkat sebuah toko kue yang bernama Monsiuer Spoon di Jakarta. Toko tersebut telah memperkenalkan cromboloni dalam waktu singkat untuk mencuri perhatian pecinta kuliner tanah air.

Khalayak pengguna media sosial, yang mempublikasikan konten cromboloni di berbagai platformnya, telah membuat banyak merek toko roti dan kafe ikut tergiur menginovasikan dan menjual produk viral ini. Pada awalnya, varian cromboloni hanya ada rasa cokelat saja. Namun, lama-kelamaan banyak merek toko roti dan kafe mulai mengeluarkan berbagai varian rasa baru cromboloni. Selain cokelat, ada pula varian matcha, tiramisu, hazelnut, kapucino, blueberry, red velvet, sampai pistachio dan cokelat supreme.

Keasyikan menggigit renyahnya cromboloni membuat selera siapa pun yang melihatnya akan tergugah. Selain menjadi makanan penutup, cromboloni yang juga dapat menjadi teman minum teh saat sarapan, sangat direkomendasikan untuk dicoba. Rasa manis dari isiannya yang lumer dapat meningkatkan mood dan perasaan senang dalam diri kita di pagi hari.

Sobat Pijar dapat membuat cromboloni versimu sendiri di rumah. Bahan makanan untuk membuat cromboloni sangat mudah ditemukan, seperti  ragi instan, susu, telur, keju, nutella, dan berbagai macam selai. Sobat Pijar dapat membuat cromboloni kapan pun itu. Sebelum ketinggalan, mari cobain rasa cromboloni versi yang sobat Pijar suka!

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment