Hits: 40

Azka Luthfiah Khalda / Marcheline Darmawan

Pijar, Medan. Emina Bestie Right Back: Career Preparation 101 adalah kolaborasi antara Emina dan Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (Imajinasi USU) yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam tentang persiapan karier. Acara diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial USU pada Kamis (07/12/2023).

Kolaborasi ini menandai komitmen bersama dalam mempersiapkan diri mahasiswa menghadapi tantangan profesional di masa depan. Pada sesi gelar wicara (talkshow), Mazdalifah selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi USU dan Fara Revina selaku Human Resources Business Partner Paragon Medan, hadir memberikan wawasan seputar persiapan mencari kerja.

Interview styling session dibawakan oleh Sarah Priskila dan Luis Halim
(Fotografer: Marcheline Darmawan)

Berbicara di depan umum (public speaking) adalah topik yang dibawakan oleh Mazdalifah. Keterampilan berbicara di depan banyak orang penting untuk dimiliki dalam kehidupan sosial. Selain memberikan wawasan, ia juga berbagi saran dalam meningkatkan kemampuan berbicara di hadapan publik.

Selanjutnya, Fara Revina menjelaskan bagaimana cara menghadapi wawancara dengan baik dan tahapan yang harus dilalui dalam menyukseskannya.

“Jadi, interview itu hanya puncak gunung es. Sebagian kecil saja dari keseluruhan masalah atau isu, hal-hal di bawah permukaan laut yang besar harusnya teman-teman fokusin dengan tiga steps. Yang pertama, know yourself dan career goals-nya itu apa, kemudian challenge yourself dan yang ketiga preparation is key,” ucap Fara.

Kolaborasi Emina Bersama Imajinasi FISIP USU dalam Persiapan Karier Mahasiswa - www.mediapijar.com
Fara Revina mengajarkan kiat-kiat menghadapi wawancara.
(Fotografer: Marcheline Darmawan)

Kemudian, terdapat topik padu padan busana wawancara (interview styling) yang dibawakan oleh Luis Halim dan Sarah Priskila. Keduanya menyarankan untuk memakai pakaian berwarna netral saja ketika melakukan wawancara. Kesan pertama juga harus terbentuk dengan baik, agar pewawancara semakin tertarik untuk melanjutkan sesi wawancara.

Workshop dan beauty class juga menjadi salah satu rangkaian acara Emina Bestie Right Back. Workshop ini mengajak para peserta untuk mengkreasi warna lip tint sesuai dengan karakter dan kepribadian masing-masing.

Putri, Ketua Imajinasi USU, mengutarakan alasan memilih tema persiapan karier dalam gelar wicara ini.

“Karena sekarang lagi musim wisuda, jadi dengan tema ini, kita berharapnya orang-orang ingin datang dan melihat bagaimana, sih, cara melamar kerja untuk lebih prepare ke depannya,” jelasnya.

Market Development Officer Paragon, Ayas, mengaku senang dengan antusiasme peserta dan berharap Emina Bestie Right Back: Career Preparation 101 dapat membantu mereka dalam menapakkan kaki di dunia kerja.

“Sesuai dengan namanya, career preparation, harapannya bisa membantu teman-teman yang tadinya buta soal dunia kerja, jadi bisa mendapat pencerahan,” harap Ayas.

 

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment