Hits: 25

Azela Nurul Syaf

Pijar, Medan. Apa jadinya jika paku digulai? Akankah paku tersebut menjadi lunak dan layak dikonsumsi? Eits, tenang, kali ini bukan paku yang digunakan dalam dunia pertukangan, melainkan sayur pakis. Yap benar, paku disini merupakan pakis dalam bahasa Minangkabau.

Gulai paku atau pakis adalah makanan berbahan dasar santan dan sayur pakis bercita rasa gurih yang pedas. Hal yang mencolok dari gulai paku ini terdapat pada warna kuning pekat yang dihasilkan dari campuran kunyit dan cabai rawit di dalamnya. Biasanya, saat memasak gulai pakis juga ditambahkan dengan lauk berupa udang.

Gulai paku biasa disandingkan oleh masyarakat Sumatera Barat sebagai teman makan ketupat, ditambah dengan bihun goreng, telur rebus dan taburan kerupuk merah diatasnya apalagi disantap bersama sala lauak atau adonan berbentuk bulat dengan cita rasa ikan khas Pariaman dan karupuak jangek yang berarti kerupuk kulit, sangat mengggugah selera.

Mencoba masakan tersebut dapat membelinya di warung-warung yang menjual katupek gulai paku atau ketupat gulai paku terdekat. Jika di Medan, bisa didapatkan di sekitaran Sukaramai atau di Jalan Arief Rahman Hakim yang buka dari pagi sebagai sarapan dan sore hari bahkan hingga malam. Namun, juga bisa memasaknya sendiri di rumah, lho!

Bahan untuk memasak gulai paku yang diperlukan adalah dua ikat sayur pakis, satu buah asam kandis, tiga tangkai daun ruku-ruku, selembar daun salam, sebatang sereh digeprek, garam secukupnya, selembar daun salam dan daun kunyit. Lalu, untuk bumbu halus tambahkan seekor kecil ikan asin, enam buah bawang merah, dua siung bawang putih, satu sendok teh kunyit bubuk, segenggam cabe rawit, dua sentimeter jahe dan lengkuas. Siapkan juga kerupuk kanji merah, bawang goreng, bihun goreng dan telur rebus sebagai pelengkap.

Cara membuat gulai pakis yang pertama yaitu pilih bagian daun dan batang pakis yang lunak dan cuci hingga bersih dengan air mengalir lalu tiriskan. Langkah kedua masukkan semua bahan gulai termasuk bumbu halus kedalam wajan, masak hingga mendidih dan jangan lupa terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Langkah ketiga setelah gulai mendidih masukkan paku/pakis lalu masak hingga matang.

Sedikit tips jika ingin paku tetap hijau saat disajikan, masak gulai tanpa sering diaduk tapi cukup dengan ditekan saja menggunakan sendok gula. Lalu, terakhir sajikan gulai paku yang disantap dengan ketupat. Gulai paku juga nikmat jika dimakan walau hanya dengan nasi hangat.

Bagaimana mudah bukan? Ayo tetap produktif dan jangan mageran, dimulai dengan langkah awal yaitu memasak gulai paku di rumah. Menu gulai paku juga cocok masuk kedalam daftar masakan tiap minggunya dikarenakan gizi yang diperoleh dari sayur pakis dan udang juga baik untuk kesehatan. Selain itu, rasanya enak cocok dilidah semua orang dan sesuaikan juga dengan kadar kepedasan sesuai selera.

Jadi, bagaimana pendapatmu dengan masakan daerah khas Sumatera Barat ini? Sungguh menarik untuk dicoba dan dimasak bersama orang tersayang.

(Redaktur Tulisan: Naomi Adisty)

Leave a comment