Hits: 67

Adinda Amelia Putri Br. Tarigan

Sebagai pencinta drama Korea, apakah kamu sudah menyaksikan salah satu serial orisinil Netflix yang satu ini? Drama Korea yang berjudul Move To Heaven menjadi bahan sorotan karena menyajikan kisah yang sangat mengharukan.

Serial yang tayang pada 14 Mei 2021 ini disutradarai oleh Kim Sung-hon. Dengan episode yang berjumlah sepuluh, Kim Sung-hon berhasil menampilkan kisah yang tidak terduga di setiap episodenya. Kesepuluh episode memiliki isu, konflik, hingga kisah pilu dengan latar belakang yang berbeda. Penonton dibuat untuk memahami pesan di balik barang-barang yang telah ditinggalkan oleh mereka yang telah pergi jauh.

Meski sudah berumur 2 tahun, serial drama satu ini masih sering menjadi topik perbincangan hangat di platform media sosial seperti Twitter. Pasalnya, masih sering terlihat tagar trending #MoveToHeaven di platform tersebut.

Keunikan dari drama ini terletak pada profesi yang dijalankan oleh para tokoh utamanya. Mereka menawarkan jasa membersihkan benda peninggalan orang yang sudah meninggal. Fakta menariknya, profesi tersebut benar ada di kehidupan nyata, lho!

Cerita dalam serial Move To Heaven diangkat berdasarkan kisah nyata yang ditulis oleh Kim Sae-byul dengan judul Things Left Behind (2015). Ini mengisahkan tentang dirinya yang berprofesi sebagai penghapus trauma orang yang sudah meninggal pertama di Korea Selatan. Perusahaan yang diberi nama Bio Hazard ini menawarkan jasa untuk membersihkan tempat orang yang sudah meninggal karena dibunuh, bunuh diri, ataupun kematian tanpa sepengetahuan orang lain.

Move To Heaven mengisahkan Han Geu-ru (Tan Joon-sang), seorang anak berumur 20 tahun yang menderita sindrom asperger ringan. Ia hidup bersama ayahnya, Han Jeong-u (Ji Jin-hee) yang menjalankan bisnis trauma cleaner. Bisnis tersebut diberi nama Move to Heaven, bisnis yang menawarkan jasa membersihkan barang-barang orang yang sudah meninggal.

Namun, hidup Geu-ru bersama sang ayah tidak berlangsung lama. Han Jeong-u meninggal secara mendadak. Ia meninggalkan Geu-ru seorang diri. Untungnya ada seorang pengacara yang sudah dipercayai oleh Han Jeong-u untuk memberitahukan kepada adiknya, Cho Sang- gu (Lee Je-hoon), agar menjadi wali untuk Geu-ru.

Sang-gu merupakan adik dari Jeong-u yang sudah terpisah sejak lama. Sang-gu mempunyai sifat yang dingin dan cuek. Setelah keluar dari penjara, ia memenuhi permintaan Jeong-u untuk menjadi wali Geu-ru.

Hari demi hari terasa sulit bagi Geu-ru maupun Sang-gu untuk saling berinteraksi karena sifat mereka yang bertolak belakang. Terlebih lagi ketika Sang-gu diminta untuk membantu Geu- ru melanjutkan Move to Heaven, dengan bantuan teman perempuan Geu-ru yaitu Na-mu (Hong Seung-hee). Namun, siapa sangka pekerjaan ini memberikan perubahan pada sifat Sang-gu.

Drama ini mengajak kita untuk melihat keakraban hubungan para pemain melalui pekerjaan yang mereka jalani. Sang-gu tanpa sadar mulai menikmati pekerjaannya dalam bisnis membersihkan barang-barang orang meninggal. Sikap tidak akrabnya dengan Geu-ru pun perlahan mulai menghilang.

Drama ini seperti sarana penyalur pesan ataupun wasiat terakhir seseorang yang belum tersampaikan kepada mereka yang dituju. Maka, jasa Move to Heaven-lah yang bertugas menyampaikan pesan-pesan yang belum tersampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Tidak hanya itu, serial ini juga menyajikan bagaimana para pekerja Move to Heaven menyelesaikan permasalahan yang belum terselesaikan oleh mereka yang sudah meninggal, dengan tujuan agar mereka dapat pergi tenang ketika semua urusan mereka di dunia telah selesai.

Serial Move to Heaven yang tayang di platform Netflix ini mendapat penilaian yang bagus dari warganet. Pada proses penayangannya, serial ini berhasil mencapai rating 8.5/10 menurut Internal Media Database (IMD) dan mencapai rating 91% menurut Asianwiki.com. Drama ini berhasil meninggalkan kesan yang luar biasa bagi penontonnya. Lantas, apakah kamu sudah tergabung ke dalam para penonton drama ini?

Leave a comment