Hits: 30

Dicky Wahyudi / Tiara Al Medina

Pijar, Medan. Akhir-akhir ini bioskop Indonesia tengah ramai dipenuhi film-film bergenre horor mulai dari Pengabdi Setan 2: Communion, Ivanna, Inang, Kalian Pantas Mati, dan masih banyak lagi. Bulan lalu, tepatnya tanggal 27 Oktober 2022, rilis sebuah film horor berjudul Qodrat. Film ini dibintangi oleh Vino G. Bastian yang beradu akting dengan pasangannya, yakni Marsha Timothy.

Qodrat adalah film horor bertema religi karya sutradara Charles Ghazali. Bercerita tentang kisah seorang ustaz ahli rukiah bernama Qodrat (Vino G. Bastian). Imannya terganggu setelah dirinya gagal merukiah anaknya, Alif Al-Fatanah (Jason Bangun) yang tewas karena dirasuki oleh iblis bernama Assuala. Akibat kegagalan dirinya tersebut, Qodrat pun harus menerima konsekuensi berupa kurungan penjara selama beberapa tahun.

Setelah menjalani masa tahanannya, Qodrat memutuskan untuk pulang ke kampung halaman tempat ia dahulu menuntut ilmu. Alih-alih menemui sebuah desa yang makmur, Qodrat justru disambut oleh rasa bingung karena terdapat banyak kejanggalan di sana. Mulai dari seluruh lahan pertanian warga menjadi kering, air yang tercemar, hingga banyak warga yang meninggal karena kerasukan makhluk gaib jahat.

Titik klimaks pada film ini terjadi ketika Qodrat harus merukiah seorang anak laki-laki bernama Alif Amri (Keanu Azka), yakni anak bungsu dari Yasmin (Marsha Timothy). Di sana, Qodrat harus menghadapi trauma masa lalunya. Ia kembali dipertemukan dengan iblis Assuala yang menewaskan anaknya beberapa tahun silam.

Lebih lanjut, film ini tak hanya menyuguhkan kisah dan misteri layaknya film horor pada umumnya. Adegan aksi yang dikemas dengan koreografi bela diri silat yang juga turut hadir menambah keseruan dalam film ini. Hal ini mungkin dikarenakan sang sutradara sempat beberapa kali menjadi sutradara film bergenre aksi. Di penghujung cerita juga terdapat alur balik (plot twist) yang akan menjadi jawaban atas konflik yang dihadapi Qodrat.

Untuk urusan akting, aktor Vino G. Bastian tak perlu diragukan lagi. Ia selalu berhasil tampil apik dan membuat para penonton larut ke dalam karakter yang diperankannya. Begitu pula Marsha Timothy yang tak kalah tampil memukau di film ini.

Dalam film berdurasi 102 menit ini terdapat begitu banyak hal yang dapat kita petik untuk kehidupan. Yang pertama yaitu kita harus ikhlas dan tabah ketika diberi cobaan oleh Allah. Seperti Qodrat, seorang ustaz ahli rukiah yang telah banyak menyelamatkan nyawa orang. Namun, harus ikhlas merelakan kepergian putra semata wayangnya ketika ia gagal melakukan upaya rukiah kepada anaknya sendiri.

Film ini juga mengajarkan kita supaya jangan pernah mau dipertuhankan oleh rasa tamak dan kekurangan akan sesuatu sampai kita lupa akan Sang Pencipta.

Jika penasaran dengan film horor yang mengusung tema religi dan aksi, Qodrat akan menjadi opsi yang tepat untuk kamu. Qodrat sudah dirilis sejak 27 Oktober 2022 dan bisa disaksikan di bioskop terdekat.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment