Hits: 13

Alya Ridzki Nazahwa / Nurul Sukma Asghar

“The way of water has no beginning and no end. Our hearts beat in the womb of the world. Water connects all things, life to death, darkness to light. The sea gives and the sea takes.” – Tsireya

Pijar, Medan. Setelah 13 tahun penantian panjang, sekuel film Avatar: The Way of Water akhirnya tayang sejak 14 Desember 2022. Sekuel yang digarap oleh sutradara James Cameron merupakan salah satu film terbesar di masa pandemi. Dibintangi oleh sejumlah aktor papan atas, film ini mampu menghidupkan kembali beberapa karakter di film pertama. Salah satunya karakter Kolonel Miles Quaritch yang diperankan oleh Stephen Lang.

Berbeda dari film sebelumnya yang berlatar belakang di hutan, Avatar: The Way of Water menyuguhkan keindahan dunia bawah laut Pandora. James Cameron berhasil memberikan efek visual luar biasa dan menarik perhatian penonton untuk kembali menjelajahi planet Pandora. Di film pertama, menyuguhkan keindahan tumbuh-tumbuhan unik bercahaya serta hewan-hewan yang membawa kita ke dunia asing. Kini, sekuel terbarunya memberikan visual  yang tidak kalah indah.

Dominasi warna laut biru serta detail dari setiap komponen yang ada di film terlihat seperti karakter di dunia nyata. Pencitraan hasil komputer atau lebih dikenal dengan sebutan CGI di film kedua meningkat drastis dari film pertamanya. Dengan teknologi yang lebih canggih, film ini pun terlihat layaknya dunia asli.

Film ini berfokus pada keluarga Jake Sully dan Neytiri. Mengambil latar setelah satu dekade semenjak pertarungan hebat dengan bangsa bumi yang menginvasi Pandora. Jake yang awal mulanya seorang manusia memilih untuk memihak Pandora dan menjadi ras Na’vi sepenuhnya. Hal ini diceritakan pada film pertama Avatar.

Meski film Avatar: The Way of Water memiliki durasi tiga jam, penonton tidak akan merasa bosan dikarenakan visual yang disuguhkan sangat indah dan beragam. Film ini sangat memuaskan dalam segi visual yang meningkat dari film sebelumnya. Alur cerita yang menegangkan serta menyentuh hati merupakan daya tarik lain dari film ini.

Setelah hidup damai bertahun-tahun, bangsa bumi kembali ke Pandora untuk melanjutkan misi invasi. Sadar bahwa keluarganya menjadi target bagi bangsa bumi, Jake Sully membawa keluarganya pergi jauh dari Omaticaya. Ia berusaha menghindari peperangan dan menjaga keluarganya agar tetap aman. Mereka mengasingkan diri ke Metkayina yang merupakan tempat tinggal bagi suku bangsa karang. Dalam perjalanannya, ditampilkan visual laut yang menawan.

Sutradara Avatar, James Cameron, telah memberikan konfirmasi bahwa tiga sekuel berikutnya akan rilis dalam waktu dekat. Judul-judul sekuel Avatar diantaranya Avatar: The Seed Bearer yang dijadwalkan rilis pada Desember 2024, Avatar: The Tulkun Rider yang dijadwalkan rilis pada Desember 2026, dan Avatar: The Quest to Eywa yang dijadwalkan rilis pada Desember 2028.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment