Hits: 37

Yolanda Naibaho / Wiva Anza Dewata

Pijar, Medan. Siapa sih yang tidak tahu film Ngeri-Ngeri Sedap? Film yang telah menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia sejak hari pertama penayangannya dan juga bisa ditonton berbagai kalangan, baik dari kalangan anak-anak, dewasa hingga yang sudah lanjut usia.

Film Ngeri-Ngeri Sedap merupakan karya Bene Dion Rajagukguk yang tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 2 Juni 2022 kemarin dan telah tayang di Netflix pada tanggal 6 Oktober 2022. Film ini dibintangi oleh Narswendy Nasution sebagai bapak, Tika Panggabean sebagai mamak, Boris Bokir sebagai Domu, Lolox sebagai Gabe, Githa Bhebhita sebagai Sarma, dan yang terakhir Indra Jegel sebagai Sahat.

Ngeri-Ngeri Sedap menceritakan tentang betapa pentingnya adat dalam keluarga batak dan pentingnya anak bagi orang tua batak. Suasana hati para penonton dibuat naik turun pada saat menyaksikan film ini, balutan komedi yang dikemas sedemikian rupa bersama dengan beberapa peristiwa sedih membuat kita menjadi penasaran akan akhir dari film ini.

Film ini telah menarik 2,8 juta penonton per tanggal lima Agustus 2022 yang menunjukkan betapa antusiasnya masyarakat Indonesia. Film tersebut juga akan mewakili Indonesia di Piala Oscar pada tanggal 12 Maret 2023. Di mana ia akan bersaing dengan berbagai film yang berasal dari negara lain.

Film ini sangat relate bagi sebagian besar orang yang memiliki adat dan kebudayaan yang sama seperti anak-anak dari Keluarga Domu. Bapak Domu dan mamak Domu hanya tinggal bersama dengan anak perempuannya, sedangkan ketiga anak lelakinya pergi merantau ke daerah yang berbeda-beda dan sudah lama belum pernah pulang ke kampung.

Pada suatu hari, ompung mereka akan mengadakan sebuah acara penting dalam adat batak. Oleh karena itu, ompung menyuruh bapak Domu dan mamak Domu untuk memanggil cucu-cucunya yang merantau agar pulang untuk merayakan pesta adat ompung mereka.

Bapak dan mamak Domu pun menggunakan berbagai cara agar membuat ketiga anak mereka pulang sehingga muncul ide yang akhirnya menimbulkan sebuah masalah bagi keluarga mereka. Selain dari kisahnya, beberapa scene yang menunjukkan keindahan danau Toba turut menarik perhatian para penonton.

Hari dimana keluarga Bapak dan Ibu Domu bersama keempat anaknya pergi ke bukit Holbung untuk menyelesaikan masalah.
(Sumber Foto: jogja.antaranews.com)

Ada banyak sekali cuplikan video yang menangkap reaksi dari para penonton saat menyaksikan film Ngeri-Ngeri Sedap. Ada yang tertawa dan ada yang menangis. Bahkan ada yang membayangkan dirinya dalam situasi yang sama di film tersebut.

Film ini mengisyaratkan betapa besar kasih sayang dan rasa rindu setiap orang tua untuk melihat anak-anaknya kembali pulang ke kampung halaman meski hanya dalam waktu yang singkat.

Penasaran kan bagaimana kelanjutan dari ide brilian bapak dan mamak Domu? Bagi yang belum sempat menonton di bioskop, jangan lupa ditonton ya. Sekarang film ini sudah bisa ditonton di Netflix, jadi jangan sampai ketinggalan.

(Redaktur Tulisan: Rani Sakraloi)

Leave a comment