Hits: 11

Jenni Sihombing

“Selain di langit, Tuhan juga menciptakan surga ditatap matamu dan di setiap ketidakwarasanku akan kamu,”

Pijar, Medan. Boy Candra, seorang penulis buku ternama asal Indonesia, yang dikenal dengan berbagai karangannya bergenre roman dan melankolis. Salah satu ciri khas dari karyanya ialah sentuhan kalimat puitis nan indah.

Selain menulis novel romansa, ia kerap merilis buku yang berisi kumpulan puisi. Salah satu diantaranya, buku yang berjudul Dongeng-Dongeng yang Tak Utuh.

Buku Dongeng-Dongeng yang Tak Utuh ini berisikan kumpulan puisi romansa yang bercerita tentang kehidupan sepasang kekasih. Walau hanya berisi kumpulan-kumpulan puisi, buku ini mampu membuat pembaca terkesima dengan untaian kalimatnya yang begitu mengalir.

“Anak-anak di ujung desa kurus kering”

Kalimat tersebut terdapat pada puisi Hanya Malam yang Kita Miliki. Hanya membayangkan seorang anak kecil yang kurus kering, pembaca seolah dapat melihat bagaimana seorang anak tumbuh dengan badan kurus layaknya orang yang kekurangan gizi.

Selanjutnya, ada puisi yang berjudul Suara yang Tak Memihak pada Tanah. Terdapat satu kalimat yang bertuliskan “Isak tangis anak kecil di belakang tungku”. Kutipan pada bait pertama baris kedua tersebut mampu merangsang kamu seolah mendengar suara tangisan anak kecil dari balik tungku pembakaran. Membayangkan anak kecil yang menangis di belakang tungku saja cukup membuat pembaca mengerti bagaimana pilunya anak tersebut.

Kemudian puisi berjudul Untuk Cinta yang Sedih. Pada bait kedua baris ketiga puisi tersebut dituliskan “Biarlah dadaku disayat, empedu diiris”. Satu sisi penulis berusaha menggambarkan bagaimana suasana sendu yang terkandung dalam puisi tersebut. Kalimat tersebut seolah-olah membuat kamu dapat merasakan bagaimana sakitnya ketika dada kamu disayat dan hati kamu diiris.

Isinya yang mengandung romansa, menjadikan buku ini direkomendasikan untuk kamu yang sedang dalam kasmaran. Kamu bisa menemukan kata-kata indah yang cocok diucapkan buat doi. Dari 123 judul puisi yang ada kamu juga bisa menambah kosakata dan diksi baru yang menarik, loh!

(Redaktur Tulisan: Lolita Wardah)

Leave a comment