Hits: 48

WinWin Publisher

Berbagai usaha yang berhasil dijalani Muhammad Hadjid membuktikan ia tidak dapat dipandang sebelah mata sebagai seorang pebisnis. Memulai karier sejak SMA, membuat Hadjid sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia bisnis. Tidak hanya pengalaman yang indah, selama terjun ke dunia bisnis Hadjid sudah melewati berbagai rintangan.

Dari berbagai bisnis yang pernah ia jalankan, bidang fotografi selalu menjadi fokus utamanya. Saat kecil, Hadjid sudah tertarik untuk mendalami dunia fotografi dan berhasil menjadi juara dalam beberapa event.

Seiring berjalannya waktu, ketertarikannya dalam dunia fotografi terus bertambah besar. Hal tersebut membuatnya tertarik untuk membangun sebuah bisnis fotografi yang bernama Babez Photo pada tahun 2010 dengan target pelanggan anak-anak SMA.

Selama menjalani bisnis tersebut, tidak jarang Hadjid merasakan struggle karena harus melakukan sesi pemotretan di berbagai tempat dan bertemu berbagai klien dengan sifat yang berbeda-beda.

“Dulu saat foto di luar sempat merasa bosan dan hampir menyerah karena pressure dari klien. Namun masih dijalankan karena hobi,” ucap Hadjid.

Setelah beberapa tahun berhasil mengembangkan bisnis fotografi dengan klien yang berasal dari berbagai perusahaan dan event-event besar. Saat Covid-19 merebak di Indonesia, di kala berbagai bisnis mulai bertumbangan, Hadjid justru membangun sebuah bisnis studio foto yang bernama Ruang Studio. Ia terinspirasi dari melihat studio foto di kota lainnya yang memiliki beragam konsep menarik.

Dengan keunikan Ruang Studio yang berbeda dari kebanyakan studio foto lainnya di Kota Medan, studio foto ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Terbukti dengan banyaknya pelanggan yang datang untuk berfoto setiap harinya. Para pelanggan terlihat memercayai Ruang Studio untuk mengabadikan berbagai momen di hidup mereka, seperti saat wisuda, prewedding, dan momen lainnya.

Berbeda saat sesi pemotretan di luar ruangan, Hadjid tidak merasakan struggle yang terlalu banyak saat memotret di dalam studio.

“Kendala pada Ruang Studio tidak terlalu banyak karena sistemnya lebih terjadwal untuk menjaga kenyamanan klien, jadi pelanggan sudah membooking sebelum datang. Paling kendalanya hanya kalau klien telat datang,” ucap Hadjid.

Tidak berhenti dengan Ruang Studio, awal April 2022, Hadjid kembali mengembangkan bisnisnya dengan membuka sebuah self photo studio yang bernama Snap Studio. Lagi-lagi bisnis ini berhasil menarik perhatian masyarakat Kota Medan, terlihat dari laman nya yang selalu full booked.

Dengan konsep yang dapat membuat pelanggan merasakan pengalaman baru, Snap Studio mengajak pelanggan untuk berfoto dalam studio dengan sebuah remote tanpa seorang fotografer. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang penasaran untuk mencobanya.

Selain menggeluti bidang fotografi, Hadjid juga menjalankan bisnis layanan kesehatan dan FnB. Sifatnya yang pantang menyerah dan pandai melihat peluang membuat Hadjid menjadi sosok yang inspiratif dalam dunia bisnis.

 

Leave a comment