Hits: 147

Patricia Rosa Sihotang / Sherenika Azalia

Pijar, Medan. Mengeksplor dunia mengharuskan kita untuk tidak mudah merasa takut dan tentunya memiliki rasa percaya diri. Dalam memperjuangkan mimpi serta keinginan tak lupa harus dibarengi dengan tekad yang kuat pula. Luca menjadi salah satu film yang dapat mengajarkan kita mengenai perjuangan yang harus dilewati untuk mencapai tujuan.

Luca merupakan film yang produksi oleh Disney dan Pixar Animation. Film Luca rilis pada 18 Juni 2021. Disutradarai oleh Eurico Sacarosa, film ini terinspirasi dari kenangan kecil sang sutradara dan didedikasikan untuk musikus Ennio Morricone. Berlatar Italian Riviera, film ini berisikan petualangan musim panas serta persahabatan antara monster laut dan manusia.

Pada film Luca, kalian akan menemukan banyak kalimat berbahasa Italia salah satunya adalah “Silenzio, Bruno”. Kalimat ini menjelaskan, bahwa suara-suara yang ada di kepala dan menghalangi untuk melakukan hal yang ingin kita lakukan, merupakan bentuk dari rasa takut yang membuat kita enggan melakukan hal tersebut. Luca mendapatkan kalimat ini pada saat ia bertemu dengan temannya yang juga merupakan monster laut bernama Alberto yang pemberani dan menyukai tantangan.

Rasa takut sering kali menghambat kita dalam melakukan banyak hal. Baik itu hal kecil maupun hal besar. Bahkan, bagi sebagian orang mereka dapat merasa takut akan hal-hal yang belum tentu akan terjadi. Ditambah lagi, kegagalan di masa lalu yang kadang membuat kita takut mengambil keputusan untuk masa depan. Pikiran itu membuat ketakutan yang ada seakan-akan nyata.

Luca pada awalnya tidak pernah pergi ke atas laut karena ia dilarang oleh orang tuanya dan tahu hal tersebut dapat membahayakan dirinya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu setelah ia bertemu dengan Alberto, semuanya berubah.

Mimpi besar membawa mereka pada petualangan musim panas. Mereka bertemu dengan Giulia Marcovaldo, seorang gadis muda yang berenergi serta penuh semangat menjadi teman manusia bagi Luca dan Alberto. Petualangan ini memberikan mereka pandangan baru akan manusia dan dunianya. Lika-liku yang mereka hadapi dalam film ini juga berdampak besar bagi manusia dan monster laut tempat di mana Luca dan Alberto berasal.

Banyak pesan dan pelajaran yang dapat diambil dari film bergenre fantasi dan petualangan ini. Ketakutan yang dirasakan oleh masyarakat Porto Rosso pada monster laut, ketakutan Giulia karena kegagalan di masa lalunya, ketakutan orang tua Luca pada manusia, ketakutan Luca akan tantangan, hingga trauma yang dimiliki Alberto, semuanya memiliki kesamaan pada pesan moral dan memiliki maknanya masing-masing.

Film Luca mengajarkan kita untuk berani mengambil keputusan dan menerima resiko yang ada. Tidak hanya itu, kita harus berjuang untuk meraih hal yang sudah diputuskan dan membuktikan bahwa kita mampu dan pantas untuk mendapatkannya. Mengontrol rasa takut dengan mengatakan kalimat “Silenzio, Bruno” juga dapat diterapkan sehingga kita bisa dan berani mengontrol rasa takut yang ada. Temukan keberanian, taklukan rasa takutmu, dan lihat hal apa yang akan terjadi.

Film animasi ini sudah dapat ditonton pada aplikasi Disney+ Hotstar. Film ini tentunya sangat cocok untuk ditonton bersama teman dan keluarga tersayang.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment