Hits: 127

Nadia Lumongga Nasution

Pijar, Medan. Ketika mendengar kata ‘Sephia’, pasti yang terbenak dipikiran sebagian besar orang adalah mistis. Bagaimana tidak, single dari album Kisah Klasik Untuk Masa Depan yang dirilis Sheila on 7 tahun 2000 ini, yang mana Erross Chandra sebagai penciptanya mengaku memiliki pengalaman yang cukup menyeramkan dalam pembuatan lagu Sephia ini.

Slamat tinggal kasih tak terungkap

oh Sephia…

Smoga kau lupakan aku cepat

Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup untuk meninggalkanmu

Membaca sepenggal lirik dari lagu Sephia saja sudah bisa membuat orang merinding. Lagu yang banyak ditafsirkan orang-orang untuk kekasih gelap, sebenarnya memiliki makna yang cukup berbeda.

Awal mulanya, dimalam hari ketika Erross dengan gitarnya sedang mencari inspirasi untuk menciptakan lagu, tiba-tiba telepon rumah Erross berdering. Setelah diangkat ternyata suara seorang perempuan yang mengaku bernama Sephia.  Eross menuturkan bahwa Sephia sempat bercerita tentang kisah sedih yang membuat Eross mendengarkan cerita gadis itu. Karena merasa simpati, Eross pun menanyakan kejelasan identitas Sephia. Gadis itu hanya mengaku ia fans berat sheila on 7, kebetulan sedang ingin menelepon Eross di telepon umum dekat rumah Eross. Merasa simpati, Eross pun menawarkan agar gadis tersebut bersedia berkunjung ke rumah nya. Namun tidak ada tanggapan sehingga Eross menyusul keluar rumah dan mengecek telepon umum di dekat rumah nya yang ternyata tidak ada siapa-siapa.

Dibuat penasaran, Erross mencari tahu identitas ‘Sephia’ penelpon misterius malam hari itu. Tidak butuh waktu lama, Erross menemukan alamat rumah gadis itu dari Sheila Gank (sebutan fans Sheila on 7) lainnya. Erross pun mengunjungi alamat rumah tersebut, tak lupa ia juga menceritakan kisah yang dialaminya beberapa hari lalu kepada kedua orang tua Sephia. Mendengar penuturan Eross, orang tua Sephia tak bisa menahan tangis dan menceritakan apa yang sesungguhnya terjadi dengan Sephia. Ternyata Sephia mengalami kecelakaan dan nyawanya tidak tertolong beberapa bulan sebelum kejadian Eross di malam hari itu. Sephia memang fans berat Sheila on 7 dan ingin sekali bertemu dengan band kesayanganya itu.

Terkejut mendengar penuturan dari orang tua Sephia, Eross pun meminta izin untuk melakukan penghormatan dengan mengirim doa di makam Sephia. Tidak sampai disitu, ia juga menciptakan lagu khusus yang memang ditujukan sebagai penghormatan terakhir sheila on 7 pada Sephia, hingga terciptalah lagu tersebut.

Nah, begitulah kisah dibalik lagu Sephia yang memasuki nominasi Best Recording Artist dan Best Music Arranger, AMI Awards tahun 2001. Setiap lagu memiliki kisah masing-masing.

 

Redaktur : Maya Andani

Leave a comment