Rosha Asthari

Pijar, Medan. Langit adalah batasnya”, begitulah sebuah kiasan berbunyi. Awan-awan bertingkat yang seolah tiada habisnya, bahkan saat kita berada di dalam pesawat, digunakan para tetua untuk menunjukkan bahwa tidak ada batasan untuk apapun dan semuanya adalah mungkin selama kita mau berusaha.

Tampaknya kiasan ini dijunjung pada tingkat yang lebih tinggi oleh masyarakat Korea Selatan. Banyak sekali cetusan hal dan ide kreatif yang berasal dari orang-orang di Negeri Ginseng tersebut. Sebut saja jalan cerita fantastis pada film Parasite karya Bong Joon-Ho yang rilis tahun 2019 lalu, sampai menggegerkan panggung Hollywood hingga menginspirasi banyak film lainnya, lalu tren kopi dalgona yang viral di aplikasi TikTok saat awal masa pandemi, hingga aksesoris dan gaya berpakaian ala idol K-Pop yang mendobrak stereotip gender, dan juga banyak hal lainnya.

Kali ini sebuah pendatang terbaru yang tidak mau kalah bersinar, hadir dari dunia kuliner. Usut punya usut, ternyata masyarakat Korea Selatan memiliki sebuah kebiasaan berkunjung ke sebuah kafe untuk menyantap makanan pencuci mulut setelah selesai dengan hidangan utama mereka. Pencuci mulut yang dipilih umumnya berupa sepotong kue tart dengan ukuran beberapa suap yang pas untuk dihabiskan dalam satu kali duduk.

Fenomena ini menginspirasi lahirnya Dosirak Cake pada 2019 lalu di Korea Selatan. Dikenal juga dengan Korean Lunch Box Cake atau Bento Cake, kue tart ini memiliki ukuran kecil dengan lapisan buttercream bernuansa pastel yang dioles abstrak. Demi rasa estetika yang lebih menarik, desain yang diukir di atas kue tart biasanya tidak berlebihan dan cenderung minimalis. Uniknya, kue tart mini ini diletakkan dalam kotak makan styrofoam yang umumnya digunakan untuk membungkus makan siang. Hence, the name.

Paparan eksposur budaya Korea Selatan yang kuat di Indonesia, membuat si mungil ini menemukan jalannya dengan mudah masuk ke dalam negeri semenjak kurang lebih satu tahun yang lalu. Desainnya yang gemas dengan ukuran yang dirasa pas, membuat banyak toko kue ikut menjual Korean Lunch Box Cake/Bento Cake ini di tokonya. Ketimbang kue ulang tahun besar yang memerlukan banyak orang untuk menghabiskannya, banyak orang yang memilih alternatif ini untuk merayakan ulang tahun, hari jadi, atau sekadar untuk dikonsumsi seorang diri. Apalagi mengingat rasanya yang tidak jauh berbeda dengan kue tart ukuran besar, serta harganya yang tentu lebih murah.

Bagi Sobat Pijar yang berada di Kota Medan, Korean Lunch Box Cake/Bento Cake ini bisa kamu nikmati dengan sistem pemesanan pre-order di toko kue online yang banyak beredar di Instagram, atau jika Sobat Pijar lebih suka membuat sendiri, kamu bisa kepo-in resep-resepnya langsung di Google, loh! Tunggu apalagi? Yuk desain kue tart mini kamu!

(Redaktur Tulisan: Muhammad Farhan)

Leave a comment