Hits: 37

Stella Regina Christy / Valencia Christiani Zebua

Pijar, Medan. Sama seperti di dunia nyata, dunia maya juga memerlukan penjaga keamanan yang disebut cyber security. Menghadirkan Yudha Perdana, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan seorang cyber security intern di OVO, Ikatan Mahasiswa Ilmu Komputer (IMILKOM) USU mengadakan sebuah webinar pada Sabtu (30/10/21) melalui Zoom Meeting. Webinar yang bertajuk “Tech Talk I: Career in Cyber Security” ini membahas serba serbi seorang cyber security dalam dunia kerja dan memberikan wawasan mengenai karir dalam dunia keamanan digital.

Acara dibuka dengan pemaparan materi mengenai cyber security. Dijelaskan bahwa seorang cyber security bertanggung jawab untuk menjaga data saat proses transmisi, pada saat data diproses, dan pada saat data disimpan. Selanjutnya disebutkan juga tiga unsur penting dalam security untuk memastikan data yang disimpan dapat tetap terjaga, yaitu unsur confidentiality, integrity, dan availability (CIA).

Selain membahas mengenai hal-hal yang dilakukan oleh seorang cyber security, Yudha menjelaskan mengenai prospek kerja seorang cyber security. Menurutnya, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar pasti membutuhkan cyber security, baik secara langsung maupun melalui konsultan.

Penjelasan materi yang membahas prospek kerja di bidang cybersecurity oleh Yudha Perdana melalui Zoom meeting (Sabtu, 30/10/2021) (Sumber Foto : Dokumentasi Pribadi)

“Di masa pandemi ini, semua pekerjaan bisa dilakukan secara daring. Data yang awalnya stay di kantor, bisa diakses dari mana pun. Data yang harusnya confidential, itu harus dijaga confidentiality-nya dengan remote working. Akibatnya, cyber security akan semakin meningkat. Kenapa? Karena kita harus memastikan  pada saat kita remote working, kerahasiaan data harus tetap terjaga,” jelas Yudha.

Yudha kemudian membagikan pengalaman sebagai seorang cyber security di OVO yang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan, tapi masih sedikit orang yang ahli dalam bidang ini. Selain itu, ia juga membagikan bagaimana asiknya bekerja di startup berdasarkan pengalamannya.

“Jadi enaknya kerja di startup itu adalah you can experiment everything. Kita bisa banyak memberikan ide dan bisa dengan mudah meeting bersama high level senior management,” ucap Yudha.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 60 peserta. Acara ditutup usai sesi tanya jawab dilakukan dan diakhiri dengan foto bersama yang dipandu oleh moderator.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment