Hits: 33

Najla Khairani 

Pijar, Medan. Binar Organizer, sebuah kelompok beranggotakan sepuluh orang mahasiswa semester 6 jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Workshop Chunky Bag dengan tema “Weave and Wonder” di lantai tiga Manhattan Times Square, Medan pada Sabtu (11/5/2024) dan Minggu (12/5/2024).

Melalui workshop ini, Binar Organizer berkolaborasi dengan Nia Anggreny yang merupakan seorang Crochet Artist asal Medan untuk dijadikan sebagai instruktur.

Acara ini berhasil menggaet 15 peserta umum tanpa kriteria khusus. Tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan praktis mengenai dunia rajut dan crochet, para peserta juga ditantang untuk merancang dan membuat sebuah chunky bag yang unik dengan mengaplikasikan berbagai teknik dasar maupun tingkat lanjut oleh Nia.

Bagi para pemula, beberapa kendala dijumpai pada saat proses menyambungkan chunky agar tetap sama dengan bagian atasnya. Namun, dengan pengalamannya yang mendalam, Nia memberikan kesempatan bagi para pesertanya untuk bertanya dan berdiskusi secara langsung agar mereka mampu meningkatkan kreativitas dalam proses pembuatan chunky bag mereka sendiri.

“Saya pikir hasil tas yang saya buat akan tidak bagus, tetapi saya senang sekali bisa dibantu dengan penjelasan dan praktik mendalam oleh Kak Nia. Sampai pada akhirnya saya sangat puas dengan hasil tas saya,” ucap Syifa, salah satu peserta di Workshop Chunky Bag.

Acara yang terlaksana selama dua hari tersebut, secara langsung memberikan wawasan mengenai pentingnya mengembangkan industri kreatif lokal di bidang kerajinan tangan dan potensi pasar chunky bag. Tentunya, inovasi baru akan melejit di zaman milenial ini, terutama bagi kawula muda. Oleh karena itu, Nia menyampaikan agar kawula muda dapat mengembangkan inovasi dengan berani.

Berkreasi Membuat Tas Unik, Binar Organizer Mendukung Kreativitas Muda-Mudi dalam Workshop Chunky Bag - www.mediapijar.com
Kegiatan workshop chunky bag pada hari kedua.
(Fotografer: Najla Khairani)

“Makanya, jangan takut untuk mengembangkan inovasi karirmu di masa kini, karena inovasi itu akan rentan untuk dicuri orang lain apabila kamu hanya diam saja,” pesannya.

Sejalan dengan industri kreatif lokal, acara ini juga ditujukan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin memasarkan produknya secara lebih luas. Maka dari itu, Binar Organizer menyediakan lapak bazar UMKM dengan berbagai jenis tenant, mulai dari air balang, wonton, aneka jus, Mie Yamin, pempek, siomay, dan batagor.

Salsabila Sagala selaku Ketua Panitia dari kegiatan ini berharap agar kesempatan yang diciptakan tersebut dapat bermanfaat bagi para peserta.

“Seluruh kalangan, terutama anak muda di zaman sekarang bisa menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, sekaligus meningkatkan kreativitas dan menambah skill baru, seperti membuat hingga menjual chunky bag,” tuturnya.

 

(Redaktur Tulisan: Alya Amanda)

Leave a comment