Nathasya Sianipar

Pijar, Medan. Akhir-akhir ini sedang ramai di platform media sosial Tiktok sebuah jenis camilan yang berbahan dasar acar bawang jenis bawang putih. Video mengenai camilan tersebut diunggah pertama kali oleh akun Tiktok seorang perempuan bernama Lala dan telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali. Dalam videonya Lala mencampurkan beberapa bahan tambahan ke dalam acar bawang putihnya seperti, saus sriracha, bubuk cabai, dan timi, yang kemudian dicampur bersama dan siap untuk disantap tanpa proses pemasakan dengan api. Menurut komentar orang-orang yang mencoba resep camilan acar bawang ini, mereka mengatakan bahwa rasanya seperti asinan buah dengan rasa manis, segar, asam, asin, dan kecut.

Namun apa sebenarnya acar bawang ini? Acar bawang adalah makanan yang terdiri dari bawang (kultivar allium cepa) yang diasamkan dalam larutan cuka dan garam, sering kali dengan pengawet dan perasa lainnya. Ada berbagai macam jenis bawang yang dijadikan sebagai bahan utama acar bawang seperti, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai.

Biasanya acar bawang disajikan sebagai menu pendamping atau hidangan kecil sebelum hidangan utama disajikan. Di Amerika Serikat bagian Selatan, acar bawang vidalia dapat disajikan sebagai lauk. Di Hong Kong, acar bawang bombai disajikan di banyak restoran Kanton, terutama saat makan malam, sebagai hidangan kecil sebelum hidangan utama. Dalam masakan Meksiko, ada makanan sejenis yang bernama cebollas en curtidas, yang mana merupakan irisan bawang merah yang diawetkan dalam campuran jus jeruk dan cuka, yang disajikan sebagai hiasan atau bumbu. Di Aceh, acar bawang ini biasa dijadikan menu pelengkap saat memakan mie.

Selain dari keunikan dan kenikmatan penyajiannya, acar bawang juga kaya akan manfaat. Beberapa manfaat acar bawang di antaranya seperti, dapat mengontrol dan menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, mencegah hipertensi, anti kanker, mengontrol diabetes, sebagai anti bakteri dan antiseptik, mencegah anemia, dan membantu menjaga kesehatan tulang. Acar bawang dengan bahan dasar bawang merah dapat membunuh bakteri dalam perut, menangkal radikal bebas, mengatur tekanan darah tinggi, menjaga kadar gula darah, mengurangi radang, mencegah kanker, detoksifikasi tubuh, dan masih banyak manfaat berguna lainnya bagi tubuh kita.

Meskipun acar bawang memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, jumlah takaran konsumsi acar bawang tetap harus diperhatikan dan dikonsumsi secukupnya saja agar mendapatkan manfaat positif yang diharapkan. Dilansir dari Hubpages, terlalu banyak mengonsumsi acar bawang dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena garam, cuka, dan pengawet yang digunakan dalam proses pengawetan, juga ditambah kandungan gulanya yang tinggi. Selain itu, karena kandungan asam cuka yang terdapat di dalamnya, orang yang makan banyak makanan acar memiliki tingkat lebih tinggi terkena kanker lambung. Banyaknya cuka dan garam yang terkandung dalam acar bawang yang mungkin melebihi manfaat nutrisi asli dari bawang tersebut.

Untuk mencoba acar bawang ini kamu bisa mencoba jenis-jenis penyajian dari berbagai negara atau kamu bisa mencoba resep camilan viral acar bawang. Acar bawang ini sangat mudah untuk didapatkan dan bisa kamu temui di pasar dan supermarket, atau bahkan kamu bisa mencoba membuat acar bawangmu sendiri.

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment