Dewi Ayu Murniaty / Cut Tasya Salsabila

Pijar, Medan. Profesi Content writer adalah seseorang yang bekerja menulis konten untuk pemasaran online dan memberikan informasi jangka panjang maupun jangka pendek kepada pembaca. Mengingat sekarang ini merupakan zaman yang serba digital atau era modern, karir sebagai content writer telah banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Dalam mengenal lebih jauh mengenai content writer, Della Medina, seorang senior content wirter Zalora Indonesia memberikan pengalaman serta tips yang ia miliki untuk memulai karir sebagai content writer. Di mana terdapat sebuah seminar Kickstart an Outstanding Career as Content Writer yang diselenggarakan oleh  GreatEdu pada hari Jumat (05/02) pukul 19.00 WIB.

Acara yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom meeting ini, membahas bahwa untuk menjadi seorang content writer tidak hanya kemampuan dalam hal menulis saja yang dibutukan, namun juga harus memiliki rasa ingin tahu, semangat yang tinggi, dan komitmen yang cukup besar untuk bertahan dalam dunia kerja.

Selain itu, keterampilan juga merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content writer. Tak hanya keterampilan menulis, namun juga keterampilan untuk melakukan penelitian dan bersifat komunikasif merupakan kunci untuk bekerja dengan baik. Dengan kedua hal tersebut, kita dapat memperoleh ide-ide menarik yang dapat membantu kita saat meneliti sebuah topik dalam kepenulisan.

“Selalu diingat jika membuat tulisan konten, posisikan diri kalian sebagai audience,” pesan Della di tengah acara.

Selayaknya pekerjaan pada umumnya, tentu kita akan mengalami pasang surut saat bekerja. Selama terjun ke dunia content writer lebih kurang 5 tahun lamanya, Della mengakui bahwa ia telah melalui berbagai macam hal. Ia sering merasa tertantang jika ada banyak tenggat waktu mengenai topik penulisan yang berbeda di saat yang bersamaan. Hal ini cukup menantangnya untuk bersikap kreatif dan inovatif. Selain itu, terkadang Della juga merasa kesal sekaligus sedih ketika banyak orang yang mengriktik tulisannya itu membosankan. Apalagi ketika project yang dikerjakan tidak mencapai target. Tak jarang, hal tersebut kerap menghantuinya selama bekerja.

“Tetapi dengan adanya komitmen, aku jadi tetap semangat ngelakuin pekerjaanku. Apalagi hal ini adalah  hal yang aku sukai jadi aku tetap semangat dan berusaha bangkit,” ujar Della di sela cerita pengalamannya.

Tak hanya duka, Della juga mendapat kebahagiaan dari profesi ini. Komentar positif, rasa dihargai, dan kebahagiaan pembaca turut menjadi penyemangat untuk melalui hari-harinya sebagai content writer.

(Editor: Erizki Maulida Lubis)

Leave a comment