Claresa Windy Thiara Br Tarigan / Ronaldo Hafizh

Pijar, Medan. Rivguru kembali mengadakan webinar Free Business Course yang bertajuk “Digital Logistics Maritime Backbone: Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”. Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu (27/11/21) pukul 15.30 WIB melalui Zoom Meeting.

Acara ini menghadirkan dua speaker yang ahli di bidang kemaritiman dan logistik, yaitu I Made Andi Arsana yang merupakan dosen di UGM sekaligus ahli Geopasil dan Ariel Wibisono yang merupakan CEO dari Rajawali Group Logistic Multimedia.

Ariel Wibisono sedang memaparkan materi mengenai logistic Indonesia dalam Webinar Digital Logistics Maritim Backbone (27/11). (Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi)

Materi pertama tentang memahami ruang dan laut nusantara dibawakan oleh I Made Andi Arsana. Dalam penjelasannya, ia memfokuskan pembahasan seputar laut Indonesia dan pengaruh pemerintah Indonesia terhadap laut.

“Sebenarnya kita sudah menjadi pemain di laut sejak masa lalu, tapi masalahnya adalah laut tidak ada di mental kita bangsa Indonesia, mental kita di bangsa Indonesia selalu tentang daratan. Jika pengetahuan kita tentang laut tidak tinggi, dengan mental seperti itu bagaimana kita mampu untuk memanfaatkan laut,” ungkap I Made Arsana ke seluruh peserta.

Selanjutnya, Ariel Wibisono membahas materi mengenai problem dan solusi logistik Indonesia. Dalam pemaparan materinya, beliau lebih menekankan pada bagaimana peran kaum muda dalam logistik. Kemudian, ia juga menyatakan bahwa hal terpenting lainnya adalah bagaimana harusnya market improved market.

“Sejarah akan tetap menjadi legenda, tapi bagaimana para milenial tetap bisa membangun bangsa dengan era peradaban yang berbeda dengan sejarah itu. Mengembangkan sejarah adalah sebuah oppurtunity di mana bangsa kita jangan sampai hanya dijadikan sebagai market atau dijadikan suatu potensi oleh negara lain,” kata Ariel dalam pemaparannya.

Setelah sesi tanya jawab dengan kedua speaker selesai, webinar ini diakhiri dengan kalimat penutup sekaligus kalimat harapan dari MC kepada para peserta. Diharapkan agar webinar ini tidak hanya berlalu begitu saja, tapi ilmu yang didapatkan bisa diterima dan diterapkan oleh semua peserta kedepannya.

(Redaktur Tulisan: Tasya Azzahra)

Leave a comment