Sabrina Silvani / Talitha Nabilah

“Cantik itu beragam, kita masing-masing-masing-masing punya ruang untuk mendefinisikan cantik itu seperti apa” – Sekar Sari, Paras Cantik Indonesia

Pijar, Medan. Paras Cantik Indonesia merupakan sebuah serial web dokumenter hasil kolaborasi Indonesia Kaya bersama seniman multitalenta, ?dr. ?Tompi ?dan ?Visinema Content yang diinisiasi oleh Djarum Fondation. Dalam kolaborasi ini, mereka mencoba untuk menarasikan nilai-nilai di balik kecantikan yang bukan hanya sekadar tentang tampilan wajah, namun dengan proses perjuangan, pergerakan, harapan dan kebaikan terhadap sesama orang yang berada di sekitar dengan mengikuti keseharian.

Awalnya, proyek ini bertujuan untuk merepresentasikan karakter tiap daerah di Indonesia. Namun, idenya semakin berkembang untuk melibatkan sosok perempuan yang mempunyai semangat dan gerakan yang berpengaruh terhadap lingkungan, keluarga, dan orang-orang terdekatnya, terlebih terhadap diri sendiri. Paras Cantik Indonesia ini menangkap secara utuh semangat perempuan dalam memberikan dampak besar terhadap suatu ide.

“Di paras cantik ini kita menterjemahkan cantik itu sebagai sesuatu yang lebih kompleks dari sebatas tampilan fisik, di mana seseorang itu  menjadi merasa jauh lebih cantik pada saat dia memiliki kontribusi,” ucap tompi pada wawancara singkatnya di kanal YouTube Indonesia Kaya.

Paras Cantik Indonesia terdiri dari 12 episode yang 8 di antaranya sudah ditampilkan di YouTube Indonesia Kaya. Setiap episodenya diluncurkan dua minggu sekali. Episode perdananya, tayang pada tanggal 8 September 2020. Menceritakan tentang Nurlina seorang nelayan perempuan dari Kabupaten Pangkep Sabangko, Makassar. Demi menghidupi ibunya ia tetap berusaha sebagai nelayan walaupun banyak menerima hujatan dari orang di sekitarnya.

Nurlina memulai profesinya sebagai nelayan kepiting dan bertani rumput laut sejak ia berumur 12 tahun. Kepergian almarhum ayahnya lah yang membuat dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Walaupun sering diragukan oleh orang-orang di sekitarnya, Nurlina tetap semangat dalam menjalani profesinya.

Nurlina menjadi perempuan yang menyebar semangat juang yang ia rasakan sebagai nelayan perempuan kepada ibu-ibu dan perempuan di desanya untuk mau berjuang. Sekarang Nurlina menjabat menjadi ketua RT. Lina memiliki keinginan untuk memberdayakan perempuan. Sehingga ibu-ibu tidak hanya duduk diam di rumah, namun dapat juga menghasilkan sesuatu.

Episode lain yang cukup menarik adalah episode kedua, yang mengambil cerita seorang aktris dan penari asal Yogyakarta, Sekar Sari. Sekar mencoba melawan stigma masyarakat tentang perempuan Jawa yang dikenal sebagai perempuan yang manut saja. Ia bersuara lewat karya tulis dan panggung yang ia punya, walaupun ia harus menjalani kehidupan sebagai ibu dan pekarya.

                          “Delapan paras cantik dari 8 episode “Paras Cantik Indonesia” (Sumber foto: Dokumentasi Pribadi)

Keberagaman yang dimiliki Indonesia membuat setiap kecantikan yang dimiliki dari setiap daerahnya berbeda pula. Untuk itu di setiap episodenya, Paras Cantik Indonesia selalu berhasil menampilkan bahwasanya setiap wanita cantik dengan caranya masing-masing

Adapun tempat yang sudah dikunjungi oleh tim Indonesia Kaya untuk pengambilan 8 seri yang sudah tayang adalah Makassar, Yogyakarta, Jakarta, Ambon, Cirebon, Surabaya, Lampung, dan Larantuka. Dalam prosesnya, tim produksi Paras Cantik Indonesia kerap mengalami kendala yaitu karena diberlakukannya kembali PSBB sehingga pencarian perempuan di wilayah lain pun terhambat.

Karena serial web ini mengabadikan profil perempuan dengan keberagaman dari segi latar belakang, profesi, budaya, tempat tinggal, dan pengalaman sehingga setiap episode yang ditantangkan selalu memberikan inspirasi yang berbeda pula. Mulai dari seorang nelayan perempuan, atlet perempuan, seorang TNI AD, wirausaha, dan masih banyak lagi. Tantangan yang mereka hadapi dalam mencapai tujuannya pun berbeda sehingga cara mereka dalam mengatasinya dapat kita jadikan pembelajaran.

Melalui wawancaranya, Tompi mengungkapkan harapannya kepada penonton agar dari episode yang sudah tayang penonton dapat memberikan komentar apakah ada orang lain di sekitar kita yang luar biasa sosoknya. Perempuan yang hebat dan memberi inspiratif bagi orang-orang di sekitarnya.  Dan beri detailnya untuk kisahnya dibagikan kepada orang lain.

“Saya berharap paras cantik ini menjadi cermin buat kita, untuk menilai kita sudah apa saja sih? Karena ini membuat saya benar-benar berpikir untuk ingin lebih bermanfaat lagi. Dan mudah-mudahan dampak yang sama juga dapat dirasakan penonton yang lain saat menonton webseries ini,” ujar Tompi sebagai penutup wawancaranya.

Semua komentar yang terdapat dalam setiap video selalu terkesan positif seperti komentar dari akun Christin Cindy. “Wanita yang tangguh bukan seberapa kuat dia menghadapi masalah tapi seberapa kuat dia menopang, membimbing, bahkan mendidik seseorang untuk mengembalikan hidupnya yang telah disia-siakan. So inspiring.”

Untuk sobat Pijar yang penasaran dan ingin menyaksikan secara langsung serial web ini kalian dapat langsung menontonnya di kanal YouTube IndonesiaKaya. Semua videonya dapat ditonton secara gratis. Setiap episodenya juga selalu memberikan pesan moral dan inspirasi khususnya bagi para perempuan untuk tetap semangat dan berjuang dalam menjalani hidup serta bermanfaat bagi sesama.

(Editor: Widya Tri Utami)

Leave a comment