Hits: 297

Jonathan Alexander

Pijar, Medan. Siapa sangka kini industri olahraga telah menjadi salah satu industri yang bisa menghasilkan keuntungan juga menjanjikan di Negara Indonesia. Menjadi seorang atlet adalah suatu kebanggaan karena tidak hanya membawa dirinya sendiri namun mengharumkan nama Negaranya hingga ke mata dunia. Bekerja sebagai atlet memanglah tidak mudah, segala rintangan yang menguras keringat harus dihadapi. Namun, dari kerja keras serta konsistensi sebagai atlet dapat meraup penghasilan yang cukup besar.

Kekayaan seorang atlet tidak hanya berasal dari gajinya saja, ada juga yang berasal dari hadiah kejuaraan dalam maupun luar negeri, bonus dari klub, bonus dari sponsor, bonus dari pemerintah dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, para olahragawan juga mendapatkan uang dari merek merek terkemuka. Produk yang dipromosikan atau biasa dikenal dengan endorsement oleh para atlet juga dapat menghasilkan uang yang fantastis. Maka, tak heran menjadi seorang atlet dapat memiliki penghasilan yang besar seperti data yang dilansir dari toprichest.com, berikut 10 nama atlet dari Indonesia dengan penghasilan terbesar.

  1. Meiliana Jauhari (Pemain bulu tangkis)

Bagi para pecinta bulu tangkis, nama Meiliana sudah tidak asing lagi didengar. Seorang pemain bulu tangkis untuk kelas ganda puteri maupun ganda campuran yang berasal dari Indonesia ini sangat membanggakan Indonesia lewat prestasi-prestasinya. Tidak hanya prestasi dalam negeri, Meiliana juga sering memenangkan turnamen seperti diantaranya, Swiss Super Series, Yonex Dutch Open, BFW Super Series, Macau Open, dan masih banyak lagi. Meiliani juga berhasil meraih medali emas ditahun 2005 di kejuaraan Asian Games. Dari kerja kerasnya, wanita yang berusia 39 tahun ini sudah menghasilkan kekayaan yang cukup fantastis. Penghasilan yang diperolehnya mencapai US$ 900 ribu atau Rp. 12 Miliar (dilansir dari toprichest.com tahun 2016).

  1. Sony Kuncoro (Pemain bulu tangkis)

Masih dari atlet bulu tangkis, Sony Kuncoro adalah pemain bulu tangkis yang juga selalu menuai prestasi. Sony pernah mengalahkan Boonsak Ponsana yang merupakan atlet hebat dari Thailand bersama pasangan putra, Mochammad Sumadji, dan Asmiati dalam pertandingan Olimpiade Athena 2004 dan berhasil meraih medali emas perunggu. Sony yang sudah mengikuti belasan kejuaraan dari berbagai pertandingan ini mencapai penghasilan yang cukup mengejutkan. Penghasilan Sony ditaksir hingga US$ 1,1 juta atau Rp. 14, 6 Miliar.

  1. Tony Gunawan (Pemain bulu tangkis)

Di urutan ke-8 masih ditempati oleh atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia yaitu Tony Gunawan. Menjuarai hampir puluhan pertandingan, membuat Tony dikontrak oleh perusahaan besar yaitu Yonex. Tony yang dipasangkan dengan Candra pada olimpiade 2000 di Sydney, Australia berhasil menduduki peringkat satu dunia di nomor ganda putra. Maka, tak heran penghasilan yang diraup oleh Tony sekitar US$ 1,3 juta atau Rp. 17,3 miliar. Namun sayang pada tahun 2002, Tony harus pindah kewarganegaraan ke Negara Amerika Serikat untuk melanjutkan karirnya.

  1. Markis Kido (Pemain bulu tangkis)

Tidak bisa dipungkiri bahwa lagi-lagi olahraga bulu tangkis memang membawa keuntungan bagi atlet yang satu ini. Markis Kido, pemain bulu tangkis yang namanya sudah terkenal di mata dunia. Diperkirakan, penghasilan yang telah dimiliki oleh atlet kebanggaan Indonesia ini lewat kejuaraan nya dari berbagai pertandingan mencapai US$ 1,5 juta atau Rp. 20 miliar.

  1. Bambang Pamungkas (Pemain sepak bola)

Atlet yang ramah dipanggil Bepe ini sudah tidak asing lagi di dunia olahraga. Pemain sepak bola untuk Persija Jakarta dan tim nasional sepak bola Indonesia yang pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Haornas ini sudah tidak diragukan lagi keahlian nya dibidang sepak bola. Bepe yang menjadi idola bagi pemain sepak bola lain kini diperkirakan memiliki penghasilan yang cukup mengejutkan. Bepe pernah menjadi pemain lokal dengan kontrak termahal sampai saat ini senilai Rp. 1,5 miliar. Estimasi gaji yang didapatkannya perbulan senilai Rp. 100 juta Hingga ia dapat menghasilkan uang yang ditaksir sekitar US$ 5,4 juta atau Rp. 72 miliar.

  1. Alan Budikusuma (Pemain bulu tangkis)

Di urutan ke-5 ini ditempati oleh Alan Budikusuma yang merupakan atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia yang pernah meraih medali emas dalam Olimpiade Barcelona 1992 tunggal putra. Alan Budikusuma telah pensiun dari dunia bulu tangkas setelah Olimpiade Atlanta 1996. Diperkirakan penghasilan yang diraup oleh Alan Budikusuma mencapai US$ 8,5 juta atau Rp. 113 miliar.

  1. Ellyas Pical (Petinju)

Petinju profesional yang datang dari tanah Ambon ini adalah Ellyas Pical ternyata merupakan juara dunia pertama dari Indonesia. Ellyas yang menyandang julukan “The Exocent” ini memiliki pukulan mematikan karena kala itu ia pernah menaklukan petinju asal Korea yang merupakan juara dunia sebelumnya. Ternyata penghasilan dari Ellyas Pical ini cukup mengejutkan karena kekayaannya mencapai US$ 9 juta atau Rp. 120 miliar.

  1. Muhammad Rachman (Petinju)

Lagi-lagi penghasilan tertinggi datang dari petinju yaitu Muhammad Rachman. Sungguh luar biasa prestasi yang telah digapai oleh Rachman hingga ia meraih gelar juara nasional kelas terbang mini saat menghadapai juara bertahan yaitu Muhammad Sadik. Pada tahun 2000, Rachman pernah memukul KO petinju ternama Filipina, Roger Mananquil dalam tingkat Internasional Level Asia Pasifik dan merebut gelar juara IBF Intercontinental. Pundi-pundi penghasilan dari Muhammad Rachman ditaksir mencapai US$ 10,5 juta atau senilai dengan Rp. 140 miliar

  1. Taufik Hidayat (Pemain bulu tangkis)

Siapa yang tidak kenal dengan atlet satu ini. Selain karena parasnya yang tampan, Taufik Hidayat juga merupakan pemain bulu tangkis yang memiliki segudang prestasi. Ia menjuarai pertandingan semifinal pada tahun 2006 di Madrid, Taufik hidayat juga dikenal dengan pemain bulu tangkis dengan pukulan smash tercepat dan backhand terhebat. Pada saat Asian Games 2006 lalu, Taufik Hidayat memperoleh bonus hingga Rp. 400 Juta. Tidak disangka, gaji yang diperoleh Taufik Hidayat per bulannya mencapai Rp. 75 juta hingga diperkirakan penghasilan dari Taufik Hidayat sebanyak US$ 11 juta atau Rp. 146,6 miliar.

  1. Chris John (Petinju)

Rekor atlet dengan penghasilan tertinggi ternyata datang dari atlet petinju legendaris, Chris John. Altet yang memiliki nama lengkap Yohannes Christian John mencatatkan rekor sabagai juara dunia kelas bulu WBA super dimana dia berhasil mempertahankannya selama 10 tahun. Ternyata dirinya memulai karir berawal dari atlet wushu, hingga tahun 1996 ia memulai kariernya sebagai petinju. Chris john memang memiliki penghasilan yang sudah tidak diherankan lagi banyaknya. Sebab Chris John kerap kali muncul di iklan membawakan merek ternama dan menjadi brand ambassador. Tak tanggung, penghasilan Chris John yang dilansir oleh toprichest.com mencapai US$ 15 juta atau Rp. 200 miliar.

Itu dia 10 atlet Indonesia dengan penghasilan tertinggi. Tentunya para atlet kebanggaan Indonesia yang sudah membawa nama Negara hingga ke mata dunia tidaklah mudah. Penuh tanggung jawab dan konsistensi untuk menjadi seorang atlet yang hebat. Bagaiamana Sobat pijar, tertarik menjadi seorang atlet? Tetapi, penghasilan yang didapatkan oleh seorang atlet itu tergantung dengan prestasi yang dicapainya.

(Editor: Muhammad Farhan)

Leave a comment