Puspita Oktarinanda Azmi

Pijar,Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ad Dakwah Universitas Sumatera Utara (USU) dan KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) se-kawasan mengadakan Keputerian Akbar USU. Agenda ini terselenggara pada 22 April 2016 di Aula Fakultas Teknik USU dan dimulai pukul 12.00-14.00 WIB. Acara yang mengusung tema”Emansipasi atau Feminisme“ ini diikuti oleh 110 peserta dari kalangan mahasiswa. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan peserta terbanyak yang menghadiri acara ini.

Mutia Audina selaku perwakilan dari UKMI Ad Dakwah menjelaskan acara ini bertujuan untuk lebih mengenal sosok R.A.Kartini.Apakah beliau merupakan bentuk emansipasi wanita atau feminisme, serta dapat membedakan arti yang sebenarnya.

Acara dibuka oleh kata sambutan dari Perwakilan KAMMI se-kawasan oleh Dina. Kata sambutan dari perwakilan UKMI Ad Dakwah oleh Mutia Andina, dilanjutkan oleh pemateri Siti Nuraini dan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada 5 orang peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari panitia.

Farida, salah satu peserta Keputerian Akbar USU, merasa senang dapat mengikuti acara ini karena menarik dan lebih memahami apa arti Feminisme dan Emansipasi Wanita yang sebenarnya. “ Kalimat yang paling berkesan yang disampaikan Siti Nuraini adalah banyak orang yang menyangkal dan menolak feminisme karena merupakan ideologi yang mengglobal namun faktanya kita bagian dari feminisme, “ ulas Farida.

Mutia berharap, agar acara ini dapat membuat wanita lebih yakin bahwa wanita juga bisa berkarya, dan kita harus menghapus pendapat bahwa wanita tidak hanya berdiam diri di rumah saja namun dapat melakukan banyak hal.

 

Leave a comment