Mahasiswa menaiki Bus Lintas USU untuk pertama kalinya ketika beroperasi pada Sabtu (9/3) silam. Foto : Haritz Ardiansyah.

Pijar,Medan. Padahal baru pertama kali beroperasi di kawasan kampus Universitas Sumatera Utara  (USU) bus Lintas USU langsung mendapatkan penggemar dikalangan mahasiswa. Bus yang dioperasikan mulai tanggal 9 Maret 2013 ini beroperasi gratis khusus kepada mahasiswa dan juga para dosen USU. Cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau Kartu Tanda Pengenal bagi para pegawai kampus.

Untuk menciptakan ketertiban dan keteraturan maka dibuatlah rute perjalanan untuk dua unit bus yang beroperasi selama hari kerja tersebut. Menurut manajer USU ASRI,  Devin Defriza Harisdani (dikutip dari SuaraUSU.co), pihaknya telah memasang  plang rute dan waktu operasi di sejumlah jalan di kampus USU agar dapat menjangkau seluruh fakultas yang ada di kampus USU. Rute yang digunakan dimulai dari pintu 1 hingga pintu 3. Di sepanjang jalur tersebut juga telah ditentukan sejumlah lokasi nge-tem bus yang selama ini sangat dinantikan mahasiswa terutama mereka yang menggunakan kendaraan umum. Bus ini nantinya akan beroperasi selama hari kerja.

Guna menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan, Bus Lintas USU dilengkapi dengan dua Zona, yaitu Zona Pria dan Zona Wanita. Foto : Haritz Ardiansyah.

Salah seorang mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi  yang bernama Elvi mengatakan kehadiran Bus Lintas USU ini sangat membantu mahasiwa dalam menghemat biaya transportasi serta dapat menghubungkan mereka ke rute-rute yang telah ditentukan.

“Bagus, jadi bisa menghemat ongkos,” ujarnya.

Bus yang dilengkapi dengan fasilitas AC  tersebut dirilis pada tanggal 9 Maret 2013 oleh Pembantu Rektor II, Prof. Armansyah Ginting. Selain itu, bus ini juga dilengkapi dengan dua Zona yaitu Zona Pria dan Zona Wanita. Hal tersebut guna menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi di dalam bus. [nk]

Leave a comment