Ikatan Mahasiswa Indonesia 2012 regional Medan mengadakan gathering perdana mereka di Panti Asuhan Mamiyai pada Sabtu (26/1) silam. Foto : Bagus Prakasa.

Pijar, Medan. “Yang Muda yang Berprestasi,” itulah slogan unik yang dikumandangkan peserta gathering IM Indonesia 2012 regional Medan, Sabtu (26/01). Bertempat di Panti Asuhan Mamiyai, Ikatan Mahasiswa Indonesia 2012 regional Medan ini keluar dari cangkang dan mulai menunjukkan eksistensinya. Ditemani oleh enam puluh tujuh anak Panti Asuhan disana, gathering pertama IM Indonesia 2012 ini tidak menunjukkan kesan mewah seperti gathering organisasi lain pada umumya. Namun, tetap terlihat suasana hangat dan ceria di setiap kegiatan yang berlangsung selama tiga jam tersebut. “Kami lebih pilih panti, karena kami rasa lebih baik jika mengisi liburan dan gathering ini dengan beramal dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain,” jelas Nadiya, Ketua Panitia.

Berbagi buku dan beberapa bingkisan yang diberikan buat adik – adik dan pihak panti mewarnai kegiatan yang dimulai pukul tiga sore itu. Kegiatan demi kegiatan dirancang sedemikian rupa oleh panitia untuk memberikan warna lain di Panti yang telah berdiri sejak 1967 ini. Kegiatan juga tidak hanya difokuskan di dalam aula Panti yang cukup luas saja, namun halaman Panti juga dimanfaatkan untuk bermain games. “Ya, kegiatan ini bertujuan untuk mengikat solidaritas dan silaturahmi antar Mahasiswa 2012 di Medan walaupun berbeda Universitas dan berbagi kepada adik – adik disini juga pada intinya,” terang Melisa, ketua IM 2012 untuk regional Medan. Antusiasme yang cukup baik oleh lebih dari lima Universitas baik negeri maupun swasta di Medan, menjadikan acara gathering ini terasa istimewa.

Organisasi yang terbentuk dari akun grup di jejaring sosial ini menghadirkan kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan itu tidak hanya dirasakan anggotanya saja, namun juga anak – anak panti. “Seneng lah dapet hadiah trus kakak – kakaknya baik semua, jadinya terhibur,” kata Rusli, salah satu anak asuh di Mamiyai. Hal senada juga dikatakan oleh Nikodemus, mahasiswa Teknik Komputer, Polmed itu mengungkapkan bahwa gathering tersebut sangat menarik dilihat dari segi berbagi dan kebersamaannya. “Acara ini sangat memuaskan dan anak panti pasti bertambah semangat setelah datangnya mahasiswa ini kemari,” tambahnya.

Buku dan beberapa bingkisan dibagikan kepada anak-anak Panti Asuhan Mamiyai. Selain itu, diadakan juga games menarik dalam gathering kali ini. Foto : Bagus Prakasa

Nadiya, selaku Ketua Panitia mengaku bahwa panitia hanya mempersiapkan gathering ini selama sebulan. Kendala yang dihadapi adalah kesulitan mengumpulkan panitia untuk membahas persiapan gathering, serta memilih waktu yang tepat untuk pelaksanaannya. Dari pihak panti sendiri, tidak menemukan kesulitan berarti dalam menunjang persiapan gathering tersebut. “Kalau dari panti hanya mempersiapkan tempat, menyediakan tikar, sound system dan anak – anak saja,” terang Anjay, salah satu pengasuh di Panti bentukan H. Syarif Siregar tersebut. Anjay juga menambahkan bahwa dengan persiapan dan acara yang sederhana,  panitia telah berhasil menghibur anak – anak sehingga mereka tidak merasa bosan.

Melisa menyebutkan bahwa gathering perdana ini merupakan debut awal sekaligus pembuktian bahwa mereka telah resmi menjadi sebuah organisasi. Melisa juga menambahkan, kegiatan gathering ini akan terus dilakukan karena telah menjadi agenda wajib IM Indonesia 2012. “Gathering ini salah satu wujud nyata dari visi/misi yang udah kami bentuk, yaitu membentuk karakter mahasiswa yang lebih mandiri, inovatif, berintelektualitas serta berwawasan luas, dengan menjalin kerjasama antar mahasiswa seluruh Indonesia khususnya angkatan 2012, jadi akan terus dilakukan gathering seperti ini,” ungkapnya. Namun, dia juga menyadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh IM Indonesia 2012. Selain lebih menghidupkan visi dan misi yang telah ada, mendapat pengakuan resmi dari pemerintah juga  menjadi fokus utama IM Indonesia 2012.

Suksesnya gathering perdana ini menjadi tolak ukur IM Indonesia 2012 regional Medan untuk berbuat lebih baik lagi pada gathering berikutnya. Ditambah lagi rencana gathering IM 2012 se-Indonesia yang kemungkinan akan diselenggarakan di Medan, memacu mereka untuk memperbanyak kegiatan dan menambah anggota. Karena hal itu, Melisa sangat mengharapkan kinerja dari anggota IM 2012 untuk lebih mempublikasikan organisasi yang berdiri pada 1 Agustus 2012 tersebut. Untuk gathering selanjutnya, dia berharap akan lebih menarik dan lebih bermanfaat lagi serta anggotanya semakin bertambah. [bp]

Leave a comment