Hits: 13

Andre Genesa Harahap

Andre Genesa Harahap merupakan penyandang disabilitas tuna rungu/tuli. Saat masih kecil, ia mengalami sakit demam tinggi yang membuat aliran darah ke telinganya tidak berjalan dengan lancar dan baik, sehingga dirinya mengalami gangguan pendengaran yang sangat berat. Andre berasal dari Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan. Ia ingin menjadikan Medan menuju kota literasi atau The City of Literature. Hal tersebut tentu bukan hanya mimpi, melainkan sesuatu yang bisa diwujudkan melalui visi dan program oleh pimpinan dan masyarakat.

Saat ini, Andre sedang kuliah di Magister Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU). Andre bersama mahasiswa Magister lainnya menerbitkan buku yang berjudul Media Pembelajaran Inklusif Strategi Praktis Riset Komunikasi bagi Peneliti Pemula.

Buku yang ditulis oleh 30 orang mahasiswa tersebut menjadi dasar pemahaman terhadap metode penelitian kuantitatif, sekaligus sebagai dasar pemahaman terhadap penerapan metode penelitian kuantitatif dalam bidang Ilmu komunikasi, serta sebagai dasar pemahaman tentang kontribusi penelitian kuantitatif terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan mutu pendidikan.

Andre menyumbangkan buku Media Pembelajaran Inklusif Strategi Praktis Riset Komunikasi bagi Peneliti Pemula ke Perpustakaan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Perpustakaan Dinas dan Kearsipan Sumatera Utara, dan masih banyak lagi.

Sewaktu menyumbangkan buku di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Andre disambut hangat oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Alex Cosmas Pinem. Dihadapan para pegawai, serah terima buku didampingi Kepala Bidang HAM, Flora Nainggolan dan Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan Jaringan Dokumentasi, Berkat Elhan Harefa di ruang kerja Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM.

Penyumbangan buku Media Pembelajaran Inklusif Strategi Praktis Riset Komunikasi bagi Peneliti Pemula kepada Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama (Hukerma) Kemenkumham, Hantor Situmorang dilakukan sewaktu acara Diseminasi Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia Menuju Pelayanan Publik Inklusif, dengan tema “Edukasi Pendaftaran Merek, Indikasi Geografis dan Perseroan Perorangan”. Buku tersebut diharap bermanfaat bagi para pegawai untuk menambah wawasan sebagai dasar pemahaman terhadap metode penelitian kuantitatif.

Mengelola literasi sama dengan mengelola manusia dan merupakan hal esensial dalam rangka pemajuan bangsa. Andre sebagai Pegiat Literasi sangat diperlukan dalam menggerakkan perubahan melalui kegemaran membaca, seperti di instansi Andre bekerja, ia menggerakkan Pojok Lietrasi agar mengaktifkan giat membaca untuk pengunjung dan warga binaan, membuat film pendek Ayo Membaca, membuat perpustakaan digital di website instansi, dan sebagainya.

Andre juga mengikuti Pelatihan Penulisan Bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong pada tanggal 6 Mei 2024 kemarin. Pelatihan tersebut diadakan di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara dalam Gerakan Indonesia Membaca. Tujuannya untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan peserta dalam menulis, sehingga mampu menghasilkan penulis-penulis handal dari Provinsi Sumatera Utara yang karyanya dikenal masyarakat luas.

“Dengan membaca, kamu bisa menjelajahi masa lalu, mengalami saat ini, dan membayangkan masa depan.” – Abraham Lincoln.

Leave a comment