Hits: 6

Lainatus Syifa Hasibuan

Pijar, Medan. Belakangan ini tren kuliner kembali muncul ke permukaan. Kreativitas manusia terus berkembang dan menciptakan perpaduan baru dalam dunia kuliner, salah satunya kopi daun bawang.

Kopi daun bawang kini sedang menjadi perbincangan hangat bagi para pecinta kopi. Sesuai dengan namanya, kopi daun bawang terdiri dari beberapa bahan dasar yaitu kopi, susu, dan daun bawang segar.

Kopi daun bawang ini dikenal dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya dengan scallion latte, green onion coffee, ataupun spring onion coffee. Jika biasanya minuman kopi disajikan plain, diberi susu, ataupun ditambah topping manis seperti jeli, biskuit, marshmellow, saus karamel, krim atau yang lainnya, kali ini muncul sebuah dobrakan yang berbeda.

Cara pembuatan kopi daun bawang cukup mudah. Kopi ini dibuat dengan menaruh potongan daun bawang ke dasar gelas, kemudian ditambahkan es batu, susu, dan kopi. Sebagian penjual membuatnya dengan cara sedikit menekan-nekan daun bawang ke dasar gelas agar air sarinya keluar sebelum ditambah campuran kopi. Selanjutnya taburan daun bawang yang telah dicincang diletakkan di atasnya sebagai topping.

Melansir dari traveldiva.id ide ini mulanya berasal dari seorang barista di sebuah kafe kecil di Chengdu, yang ingin memberikan sentuhan baru dan unik pada minuman kopi tradisional. Penemuannya ini kemudian dijadikan sebuah tren yang muncul sebagai bagian dari gelombang tren kopi “spesial” yang sedang ramai di negara Tiongkok.

Berbagai kafe di Tiongkok pun mulai menjadikan kopi daun bawang sebagai menu andalan yang menarik perhatian. Pengunjung dapat melihat secara langsung bagaimana para barista menampilkan proses pembuatan minuman ini, mulai dari mencampurkan kopi dengan daun bawang segar dan bahan-bahan lainnya, hingga menyajikannya dalam gelas.

Selain menarik minat konsumen lokal, kopi daun bawang juga mulai menyita perhatian internasional. Wisatawan yang berkunjung ke Tiongkok sebagian mengaku dalam posting-annya di media sosial bahwa mereka merasa penasaran dan tertarik untuk mencicipi minuman ini, serta ingin mencoba suasana baru. Minuman asal negeri Tirai Bambu ini kemudian semakin banyak beredar hingga menjadi topik pembicaraan dan viral di Nusantara.

Keunikan dari perpaduan kopi dan daun bawang menjadi tantangan bagi para pecinta kuliner Indonesia untuk mencobanya. Banyak pengguna media sosial terutama TikTok dan Instagram yang mem-posting bagaimana pengalaman mereka mencoba kopi daun bawang. Beberapa kafe di Jakarta dan Surabaya juga ditemukan mengadopsi kuliner ini sebagai menu pilihan.

Reaksi khalayak terhadap kehadiran kopi daun bawang ini pun beragam. Beberapa orang menyatakan rasanya enak dan menyegarkan, merasa terhibur dengan ide yang unik ini. Sebagian menyebutnya sebagai bukti keterampilan dan kreativitas manusia yang tidak terbatas. Namun, tidak sedikit yang menolak dan meragukan perpaduan daun bawang sebagai bahan tambahan dalam kopi.

Kamu juga dapat membuat kopi daun bawang sendiri di rumah, lho! Bahan untuk membuat kopi ini sangat mudah ditemukan, cara pembuatannya juga tidak sulit. Bagaimana?  Penasaran dengan rasa dari si kopi daun bawang ini?

 

(Redaktur Tulisan: Hana Anggie)

Leave a comment