Hits: 11

Marshella Febriyanti Hutabarat

Pijar, Medan. Monster yang berjudul asli Kaibutsu merupakan film yang disutradarai oleh Hirokazu Koreeda. Rilis pertama kali di Jepang pada 2 Juni 2023, film ini baru tayang di bioskop Indonesia pada 3 Januari 2024 lalu. Kini, Monster dapat diakses di aplikasi KlikFilm.

Berjudul Monster, tetapi sama sekali tidak mengandung unsur thriller ataupun horor. Kata monster diibaratkan seperti peran antagonis. Maksudnya, dari perspektif orang lain, mungkin saja kitalah sebuah monster atau orang jahat dalam kehidupannya.

Film berdurasi 2 jam 6 menit ini mengusung genre drama dengan permasalahan yang cukup dekat dengan kita. Memperlihatkan tiga sudut pandang sekaligus, Monster sukses membawa penontonnya hanyut dalam berbagai perasaan. Khawatir, marah, sedih, gembira, dan bebas. Anda akan ikut dibawa merasakan serangkaian emosi yang dialami para tokoh.

Dimulai dari sudut pandang Saori Mugino yang merupakan ibu dari Minato Mugino, tampak kekhawatiran seorang ibu terhadap anaknya yang beberapa kali berperilaku aneh. Saori berusaha mencari tahu yang sebenarnya terjadi di sekolah anaknya. Dari pandangan Saori, gurunya berlaku jahat kepada Minato karena telah membuat anaknya terluka.

Sudut pandang yang kedua dari Michitosi Hori, guru di sekolah yang dituduh melakukan kekerasan kepada Minato. Pengakuan dari Hori berbeda, menurutnya Minato telah melakukan perundungan kepada anak di kelasnya yang bernama Yori Hoshikawa. Sebagai guru, dia hanya berusaha melerai, tetapi tindakannya tidak sengaja melukai Minato.

Sudut pandang yang terakhir yaitu dari Minato Mugino sendiri. Minato tahu bahwa Yori dirundung oleh teman-temannya di kelas, tetapi dia tidak berani membela Yori karena takut. Setiap kali teman-temannya mengajaknya untuk menjahili Yori, yang tertangkap oleh penglihatan gurunya hanya Minato. Padahal, Minato dan Yori berteman akrab, bahkan mereka memiliki tempat persembunyian bersama. Hal inilah yang menjadi awal kesalahpahaman.

Belajar Melihat Masalah dari Berbagai Sudut Pandang dalam Monster - www.mediapijar.com
Minato dan Yori di tempat persembunyian mereka
Sumber Foto: medium.com

Monster berusaha menyampaikan pesan tentang bagaimana menemukan kebenaran dari berbagai sudut pandang yang berbeda, walau melewati tantangan dan kesulitan. Film ini cukup rumit sehingga penonton harus memperhatikan setiap detail dan makna tersirat untuk memahami isi cerita secara keseluruhan.

Dua penghargaan telah didapatkan, yaitu Cannes Film Festival Award for Best Screenplay dan Japan Academy Award for Newcomer of the Year. Selain itu, Sakura Ando yang berperan sebagai Saori Mugino mendapat penghargaan Japan Academy Prize for Outstanding Performance by an Actress in Leading Role. Hirokazu Koreeda selaku sutradara juga mendapat penghargaan Asian Film Award for Best Director.

Film ini juga masuk ke dalam daftar film favorit Barack Obama yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya pada tanggal 28 Desember 2023. Monster berada pada urutan keenam, bersanding dengan film bagus lainnya, seperti Oppenheimer, Past Lives, dan Anatomy of a Fall.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment