Hits: 67

Yasmin Nabilah

Pijar, Medan. Film yang di sutradarai Dan Trachtenberg adalah sebuah film thriller yang berhasil tayang di Indonesia pada tanggal 6 April 2016 ini berhasil menggarap lima besar di box-office internasional sejak debut perdananya. Alur cerita yang dikembangkan dalam film ini menimbulkan banyak pertanyaan karena sejak awal juga film ini tidak menjelaskan secara detail dari para karakternya masing-masing. Banyak pertanyaan yang mengambang tanpa ada jawaban yang benar-benar jelas. Jika disebut sebagai film dengan modal kecil dengan untung besar, film ini sepertinya cukup berhasil menjerat para penonton lewat rasa penasaran yang mereka dapatkan dari menyaksikan trailernya.

10 Cloverfield Lane bercerita tentang seorang wanita yang bernama Michelle yang bertengkar dengan tunangannya, Ben. Dering telepon dari Ben membuat Michelle kehilangan fokus mengendarai mobilnya dan mengalami kecelakaan. Ia terbangun dari pingsannya dan ia mendapati dirinya tengah berada dalam perawatan medis, dengan selang infus ditangannya dan yang  lebih mencurigakan  lagi  akan kejadian mengerikan  yaitu kaki sebelah kanannya yang diborgol sehingga ia tak dapat melepaskan diri. Ia didekati oleh seorang pria gemuk bernama Horward, yang menjelaskan bahwa terjadi serangan asing yang membuatnya mengalami sebuah kecelakaan. Kemudian mengatakan kepada Michelle bahwa dia berhasil diselamatkan olehnya dan membawa wanita tersebut ke bunker yang ada dibawah tanah. Michelle juga bertemu dengan Emmet, orang yang selamat dan telah menyaksikan serangan asing itu.

Saat makan malam, Emmet bercerita panjang lebar disambung oleh Michelle sehingga membuat Horward marah besar kepada Michelle dan membentak wanita tersebut. Ternyata Michelle malah  memanfaatkan  waktu Horward membentak dia dengan mencuri kunci milik Horward dan berusaha kabur. Namun usaha Michelle tidak berjalan mulus setelah ia melihat seorang wanita bernama Laslie, wanita dengan kulit pucat dan berdarah-darah di wajahnya, memohon ingin masuk kedalam bunker tersebut. Ketika Laslie meninggal dunia dengan mengantuk-antukkan kepalanya ke pintu, disitu Michelle menyadari apa yang dibilang oleh Howard mengenai cuaca yang buruk di luar bunker itu benar dan mengurungkan niatnya untuk kabur.

Seiring berjalannya waktu, mereka bertiga mulai beradaptasi di bunker itu. Michelle mengetahui bahwa Horward mempunyai seorang putri yang bernama Megan. Saat penyaring udara rusak, Horward meminta Michelle untuk memanjat saluran udara untuk memperbaiki sistem penyaring udara tersebut. Michelle menemukan kata “HELP” tergores di kaca jendela saluran udara dan menemukan anting-anting berwarna hijau yang berlumuran darah. Anting-anting tersebut pernah dilihatnya  di foto Megan yang sedang memakai anting-anting tersebut dan menunjukkannya pada Emmet. Namun Emmet mengatakan bahwa ia mengenali gadis tersebut yang pernah dikabarkan menghilang dari SMA-nya dan nama gadis tersebut bukan Megan tetapi Brittany.Mereka berdua menemukan foto Brittany lagi bersama Horward dan mengenakan pakaian yang dikenakan oleh Michelle. Setelah melihat foto tersebut, mereka langsung menyadari bahwa Horward adalah orang yang berbahaya dan merencanakan pelarian dengan membuat pakaian pelindung. Tetapi mereka ketahuan. Dalam usahanya membela Michelle, Emmet mengakui kesalahannya dan sedang membuat sebuah senjata, ia meminta maaf kepada Horward. Sedangkan Howard menerima permintaan maafnya dan langsung menembak Emmet.

Michelle melanjutkan persiapan membuat pakaian pelindung tersebut, namun usahanya diketahui oleh Horward. Michelle menuangkan satu tong air yang berisi asam sulfat pada Horward sehingga pria itu terluka dan secara tidak sengaja menimbulkan api. Ia naik kembali memanjat saluran udara tersebut, mengenakan pakaian pelindung yang sudah dirancangnya  ia berhasil lolos keluar. Sesudah berada di luar, ia menyadari bahwa selama ini dia dibohongi oleh Horward karena udara di luar tersebut tidak beracun. Namun, yang menimbulkan pertanyaan besar dalam film ini adalah munculnya pesawat alien. Bunker tersebut meledak dan membunuh Horward sehingga menarik perhatian pesawat alien tersebut. Gas beracun dilepaskan oleh pesawat alien tersebut sehingga membuat Michelle terpaksa berlindung di truk Horward. Pesawat alien itu mendekati truk dan berupaya memakannya, Michelle tidak tinggal diam, dia berusaha merakit bom yang terdiri dari minuman keras yang ada di truk, mancis, dan secarik kertas.  Setelah itu dilemparkannya ke dalam  pesawat alien tersebut yang menyebabkan pesawatnya meledak.

Akhirnya, Michelle berhasil keluar dari alamat tempat yang bertulis : 10 Cloverfield Lane tersebut lalu dia pergi menuju Houston setelah mendengarkan radio yang mengatakan bahwa daerah tersebut membutuhkan pengalaman medis maupun tempur. Sebuah kapal alien yang lebih besar terlihat mengambang tinggi ketika ia mengemudi menuju ke Houston.

Selamat menyaksikan sobat Pijar !!!

Leave a comment