Hits: 71

Putri Romawani Simanjuntak

Pijar, Medan. Akhir-akhir ini, video cuplikan film yang memperlihatkan empat sahabat yang menggunakan kostum hantu tengah ramai di-posting di media sosial TikTok maupun Instagram. Cuplikan viral tersebut berasal dari film terbaru Indonesia berjudul Agak Laen.

Film Agak Laen merupakan film ber-genre horor komedi yang tayang mulai 1 Februari 2024 di bioskop Indonesia. Dengan total durasi 1 jam 59 menit, film yang ditulis dan disutradarai oleh Muhadkly Acho ini mampu membahas permasalahan utang, keluarga, restu calon mertua, dan persahabatan yang dikemas dalam bentuk komedi.

Para komedian ternama, Boris Bokir, Bene Dion, Oki Rengga, dan Indra Jegel membintangi film ini menggunakan nama asli mereka. Keputusan ini menciptakan karakter tokoh yang natural dan menarik minat penonton dengan ciri khas mereka masing-masing.

Agak Laen bercerita tentang Boris, Bene, Oki, dan Jegel yang memiliki permasalahan masing-masing dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Empat sekawan ini sepakat untuk bersama-sama mencari uang, dengan menjadi hantu yang bertugas menakut-nakuti pengunjung wahana rumah hantu di sebuah pasar malam. Sayangnya, wahana tersebut sepi pengunjung dan hampir bangkrut.

Berbagai cara telah diupayakan mereka untuk menghadirkan suasana menyeramkan agar wahana itu ramai pengunjung dan selamat dari kebangkrutan. Namun, usaha tersebut tak berjalan mulus, malah memakan korban jiwa. Salah seorang pengunjung tewas karena serangan jantung ketika memasuki wahana tersebut.

Perasaan panik dan takut menyelimuti keempat pemeran hantu itu. Mereka akhirnya sepakat mengubur jasad korban di dalam wahana. Di luar dugaan, arwah si korban bergentayangan dan membuat rumah hantu tersebut menjadi sangat menyeramkan sehingga ramai oleh pengunjung yang penasaran.

Tak lama kemudian, polisi mulai menyelidiki kasus hilangnya korban yang menimbulkan kegelisahan bagi empat sahabat itu. Beragam rencana dilaksanakan untuk menutupi kejadian sebenarnya.

Film ini banyak menggunakan logat Sumatra dalam dialognya untuk menciptakan ciri khas yang unik, tetapi tetap dapat dimengerti dan dinikmati oleh semua kalangan. Soundtrack-nya yang bernama “Agak Laen”, sama dengan judul film ini, dirilis pada tahun 2021 dengan menghadirkan pemain yang sama pula.

Dalam minggu keempat penayangannya, film produksi Imajinari ini telah ditonton lebih dari 7,5 juta penonton. Capaian ini sekaligus menjadikan Agak Laen sebagai film terlaris kedua di Indonesia, di bawah film KKN di Desa Penari yang rilis pada tahun 2022.

Dilansir dari kompas.com, Ernest Prakasa selaku Produser Agak Laen dan para pemeran mengaku tidak menyangka bahwa film ini akan menjadi film komedi Indonesia terlaris sepanjang sejarah. Menggeser film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang tayang pada 2016 lalu dengan capaian 6,8 juta lebih penonton.

“Awalnya mikir cuma 1-2 juta penonton, karena kita sudah nonton dan filmnya lucu banget. Didukung juga dengan perkataan Jegel yang yakin banget bakal tembus 1 juta penonton. Tapi sama sekali gak expect penontonnya akan sebanyak ini,” tutur Ernest.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment