Hits: 24

Adinda Amelia Putri/ Dicky Wahyudi

Pijar, Medan. “Lampu Merah” merupakan lagu yang dirilis pada 2021 lalu oleh grup The Lantis. Lagu ini menjadi sound viral di TikTok pada akhir tahun 2023. Banyak yang menggunakan lagu ini untuk mengungkapkan rasa cinta terhadap orang terkasih.

Tapi ku berada di lampu merah

Ku harap

Kau sabar untuk menunggu aku di sana

Walau ku berada di lampu merah

Ku yakin

Semua ini hanyalah hambatan sementara

Liriknya memiliki makna yang dalam, yaitu tentang perjalanan hidup seseorang yang sedang berhenti. Penggunaan istilah “lampu merah” bukanlah lampu merah yang sebenarnya dalam dunia nyata, melainkan menggambarkan kondisi hidup yang sedang berhenti.

“Lampu Merah” juga menjelaskan bahwa tidak semua orang bisa meraih kebahagiaan dengan jalan yang lancar dan mulus. Setiap orang pastinya memiliki masa di mana mereka terpaksa berhenti sejenak.

Lagu ini mengambil inspirasi dari kisah nyata sang vokalis, Giri Virandi. Dalam akun TikTok The Lantis, Giri mengatakan kalau lagu ini ditulis berdasarkan pengalamannya yang sempat berhenti sebentar saat sedang mengerjakan skripsi.

“Ini inspirasi gua saat menulis ‘Lampu Merah’. Waktu itu gua lagi bingung buat skripsi. Di saat teman-teman gua sudah sampai ‘tujuan’ mereka masing-masing, gua masih di jalan, stuck di ‘lampu merah’,” tulisnya.

Sang penulis, yaitu The Lantis ingin menyampaikan bahwa setiap orang pasti akan bertemu dengan lampu merahnya masing-masing dalam perjalanan menuju tujuan. Meskipun harus menunggu, semua lampu merah itu sifatnya sementara. Akan ada saat di mana warna itu akan berganti hijau dan kita bisa melanjutkan perjalanan lagi sesuai dengan waktu yang kita bisa.

Suasana yang ditampilkan pada music video “Lampu Merah” juga memiliki nuansa retro, yang membuat kita bernostalgia ketika melihatnya. Tidak hanya itu saja, lokasi yang digunakan sepanjang video adalah lokasi yang sama tanpa ada perubahan. Uniknya, alat musik yang digunakan hanya gitar dan simba saja.

Mengutip dari yoursay.suara.com, lagu ini sudah menorehkan banyak prestasi, seperti telah mencapai 8 juta streams di Spotify, peringkat 27 chart Top Songs Indonesia, hingga peringkat 16 Chart Viral 50 Global. Hal ini karena “Lampu Merah” memiliki makna yang cukup romantis di setiap liriknya, serta memiliki aransemen musik yang terasa nyaman untuk didengar.

Banyak pujian serta komentar positif diberikan para pendengar lagu ini seperti dikutip dari kolom komentar video lagu “Lampu Merah” di akun YouTube The Lantis.

“Bagus banget lagunya, sukses terus buat The Lantis. Jangan berhenti berkarya,” tulis akun gamecadangan1746.

“Lagu ini sesuai dengan judulnya. The Lantis yang dua tahun belakangan ini di Lampu Merah dan mulai sekarang nama The Lantis akan naik dan diundang ke televisi buat konser dan lain-lain. Akhirnya lampu hijau The Lantis akan mulai menyala,” tulis akun IdadraisChannel.

(Redaktur Tulisan: Marcheline Darmawan)

Leave a comment