Hits: 30

Alya Nuansa Putri / Alya Rizky Fitriani

Pijar Medan. Di tengah gempuran film horor yang masuk ke dalam dunia perfilman Indonesia, ada film yang membawa sensasi segar umtuk para penikmat film. Film itu berjudul Gampang Cuan yang bercerita tentang keluarga yang terlilit utang hingga ratusan juta.

Gampang Cuan merupakan film ber-genre drama komedi Indonesia yang tayang pada 16 November 2023 di bioskop dan disutradarai oleh Rahabi Mandra. Film ini menghadirkan sejumlah artis besar yang beradu akting di dalamnya, seperti Vino G Bastian dan Anya Geraldine. Gampang Cuan juga akan membahas permasalahan utang, investasi saham, dan menggambarkan realita kehidupan yang dikemas dalam bentuk komedi.

Karakter Sultan, yang diperankan oleh Vino G. Bastian diceritakan tengah menghadapi kesulitan finansial keluarga yang tidak kunjung membaik. Sultan, anak pertama yang bertahun-tahun merantau di Jakarta dan selalu mengaku sukses pada keluarganya di kampung, dipusingkan dengan kabar mendiang bapaknya meninggalkan utang sebesar 300 juta.

Utang ini harus dibayarkan dalam waktu 3 bulan atau rumah mereka di kampung akan disita. Apes, kabar ini datang bersamaan dengan kedatangan Bilqis, adik perempuannya yang mengetahui bahwa kesuksesan Sultan adalah fana. Ibu Sultan dan Bilqis memiliki riwayat penyakit jantung dan mudah stres. Terpaksa adik-kakak ini bahu-membahu mencari uang untuk membayar utang. Sultan sudah mencoba semua pekerjaan yang memungkinkan, sementara Bilqis nyaris terjerumus jadi tukang pijat.

Gampang Cuan - www.mediapijar.com
Salah satu scene film Gampang Cuan.
(Sumber Foto: kbeonline.id)

Sampai akhirnya, Bilqis menemukan saham yang ia pikir bisa menjadi jalan pintas untuk seluruh masalahnya. Alhasil, mereka harus bekerja sama untuk mencari info tentang saham apa saja yang memungkinkan untuk cuan (insider trading). Namun, infonya sulit didapatkan. Sultan dan Bilqis juga terusm-enerus diganggu Aji, adik mereka yang juga yang nekat datang ke Jakarta. Aji selalu menuntut untuk dibiayai kuliah karena ia menganggap dirinya spesial dan satu-satunya harapan keluarga.

Penulis dan sutradara Rahabi Mandra, mengungkapkan bahwa film ini berusaha menggambarkan situasi di mana uang dapat memicu perubahan dan konflik dalam dinamika keluarga. Pada cerita ini, ditampilkan hubungan antara kakak dan adik yang dinamis, penuh keceriaan, dan saling bergantung satu sama lain. Selain cerita menarik, film ini juga menampilkan dialog berbahasa Sunda yang kental.

Terinspirasi dari kisah nyata, film Gampang Cuan ini sukses mendatangkan humor yang fresh. Film ini telah meraih antusiasme yang sangat luar biasa dengan mencapai lebih dari 400.000 penonton dalam negeri kurang dari sepekan. Berkat antusisme tersebut, film ini mendapatkan permintaan tayang dari distributor film asal Malaysia, Antenna Entertainments.

Dilansir dari antaranews.com, Tesadesrada Ryda selaku produser film Gampang Cuan menyatakan bahwa film ini tidak hanya akan dinikmati penonton Malaysia, tetapi juga Singapura dan Brunei Darussalam.

“Kami bersyukur dengan adanya permintaan tayang di luar Indonesia. Semoga film ber-genre drama komedi ini bisa menghibur dan menginspirasi masyarakat Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, khususnya para generasi muda yang sedang merantau berjuang mencari cuan di negara-negara tersebut,” ujar Tesadesrada pada Minggu (26/12/2023).

 

 (Redaktur Tulisan: Alya Amanda)

Leave a comment