Hits: 19

Claresa Windy Thiara Br Tarigan

Pijar, Medan. Kehilangan adalah hal yang pastinya pernah dirasakan setiap orang. Kehilangan akan membuat seseorang larut ke dalam kesedihan, apalagi jika kehilangan orang yang kita cintai seperti keluarga atau orang terdekat.

Rasa sakit kehilangan inilah yang coba Justin Bieber salurkan dalam lagunya yang berjudul “Ghost” yang dirilis pertama kali pada 8 Oktober 2022. Lagu ini menjadi single keenam miliknya dari album Justice (2021). “Ghost” dibalut dengan genre musik pop rock yang semangat namun memiliki makna yang cukup dalam pada setiap penggalan liriknya.

Youngblood thinks there’s always tomorrow

(Darah muda berpikir mereka akan selalu ada hingga hari esok)

Lagu ini dibuka dengan penggalan lirik di mana kaum muda kerap kali berpikir bahwa hidup masih panjang, hari esok akan selalu datang, dan masi banyak kesempatan di hari esok. Bahkan, terkadang kita sering membuang-buang waktu dengan hal-hal yang kurang penting, hingga kita lengah dan tidak menghargai setiap waktu yang ada bersama orang yang kita cintai.

Hingga pada saat orang tersebut meninggalkan kita selamanya dan menyeberangi jembatan yang sama sekali tidak bisa kita lalui, barulah saat itu kita mulai merasakan sakit karena kehilangan. Kita mulai merindukan orang tersebut melebihi saat dia masih ada di sisi kita.

I miss your touch on nights when I’m hollow

(Aku rindu sentuhanmu di malam hari saat aku hampa)

I know you crossed a bridge that I can’t follow

(Aku tahu dirimu melintasi jembatan yang tak bisa aku ikuti)

Di dalam video klipnya sendiri, lagu ini menceritakan tentang bagaimana beratnya saat tiba-tiba seorang remaja kehilangan sosok ayahnya, di mana keadaan terasa menjadi sangat suram dan dihiasi dengan kesedihan sepanjang waktu. Namun, seiring berjalannya waktu ia bisa bangkit dan melanjutkan hidup walau masih sering terbayang kenangan bersama sang ayah.

Dalam kehidupan nyata, tentunya lagu ini cukup menggambarkan bagaimana kesedihan yang dirasakan oleh seseorang yang kehilangan sosok yang dicintai. Merindukan setiap hal yang biasa dia lakukan. Kenangan menjadi satu-satunya hal yang kita miliki yang kadang mampu membuat rasa kehilangan semakin mendalam, tetapi terkadang mampu juga menjadi obat di saat rasa rindu itu datang menghampiri.

That if I can’t be close to you

(Jika aku tak bisa dekat denganmu)

 I settle for the ghost of you

(Aku puas dengan rupa hantumu)

 I miss you more than life (more than life)

(Aku merindukanmu lebih dari hidupku)

Melalui lagu ini Justin Bieber mencoba untuk menyampaikan bahwa kehilangan adalah hal yang sangat berat, oleh sebab itu kita khususnya kaum muda sebaiknya banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kita kasihi. Hal ini tentunya agar penyesalan tidak hadir di kemudian hari.

Selain itu melalui video klipnya lagu ini juga mencoba menyampaikan bahwa sedalam- dalamnya luka yang ada karena kehilangan, luka tersebut pasti akan bisa sembuh dan kebahagiaan akan datang menghampiri di hari-hari yang akan datang.

(Redaktur Tulisan: Laura Nadapdap)

Leave a comment